Resepsi Ngunduh Mantu Bupati Sragen Penuh Prokes dan Sukses

Rabu, 15 Desember 2021 : 06:16







Mempelai Berdua

Radar Pos.Com.Sragen
--- inilah Acara Resepsi Ngunduh mantu Bupati Sragen  Sejumlah mobil mewah hilir mudik di jalan masuk dan keluar di Taman Ndayu Park Sragen, Minggu (12/12/2021). Hari itu menjadi momentum spesial bagi Ahmad Ismail Zulfajri Akbar dan Jihan Ikhti Nashiha yang merayakan resepsi penikahan ngunduh mantu.


Fajri, sapaan pengantin laki-laki, merupakan putra sulung pasangan Akbar Zulkifli Osman dan Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Bupati Sragen. Momentum itu juga bertepatan dengan angka tanggal dan bulan yang sama, yakni 12-12.


Tak sedikit tamu yang hadir karena undangan mencapai seribuan orang. Hajatan orang nomor wahid di Kabupaten Sragen itu melibatkan para aparatur sipil negara (ASN) sebagai petugas, mulai dari pengaturan parkir, pengawas protokol kesehatan, among tamu, sampai pemberian makanan untuk dibawa pulang.


Sungkemn Mempelai berdua

Semua tamu yang hadir wajib melalui tahapan skrining yang disiapkan khusus oleh tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sragen. Dalam skrining itu, setiap tamu wajib mengecek suhu badan dan mencuci tangan dengan menggunakan hand sanitizer.


Ada dua buah tenda yang disiapkan untuk skrining tamu dengan melibatkan 11 orang petugas skrining. Alat pengukur suhu tubuh dan pemberian hand sanitizer dilakukan secara otomatis.
Petugas tinggal mengarahkan tamu untuk menempelkan tangannya pada alat detektor suhu badan dan secara otomatis dari alat itu mengeluarkan suara yang menerangkan suhu badan setiap tamu. Setelah itu mereka tinggang mangatungkan tangan di bagian bawah alat itu dan secara automatis keluar semprotan cairan hand sanitizer.


 “Ya, ada 11 orang yang bertugas. Selain alat otomatis, kami juga menyiapkan thermo gun dan cairan hand sanitizer lain bila terjadi penumpukan tamu supaya tidak terjadi kerumunan,” ujar salah satu petugas skrining dr. Nengah Adnyana Oka Manuaba, 


Para tamu wajib mengenakan masker. Setiap tamu yang hadir langsung menuju pelaminan dan memberi selamat kepada kedua mempelai pengantin beserta para orang tua pengantin. Mereka berfoto bersama kemudian pergi meninggalkan tempat resepsi.


Acara Mantu di Ndayu park

Sambil menunggu antrean berfoto dan memberi ucapan selamat, para tamu bisa mendengarkan alunan musik keroncong dengan menghadirkan penyanyi keroncong kondang Sundari Soekotjo.
Semua pejabat yang diundang baik sekelas menteri, gubernur, bupati/wali kota, sampai pejabat instansi vertikal maupun instansi kabupaten/kota mengikuti tahapan protokol kesehatan yang ketat tersebut. Para legislator yang hadir pun mengikuti rangkaian protokol kesehatan.


Untuk menghindari kerumunan, para tamu dibuat bergelombang. Gelombang pertama para pejabat setingkat menteri, gubernur, bupati atau wali kota, dan tamu undangan VVIP lainnya. Sementara untuk gelombang berikutnya para tamu VIP, yakni kalangan legislator. Untuk menghindari kerumunan, para tamu VIP diminta transit di pendapa dengan tatanan kursi dengan jarak tertentu. Setelah tiba gilirannya, mereka pun diminta masuk ke ruang resepsi.


Tak sedikit para ASN yang ikut membantu persiapan resepsi. Dalam istilah Jawa disebut dengan istilah rewang. Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) yang juga istri Sekretaris Daerah (Sekda) Sragen Damai Tatag Prabawanto pun ikut membuat lemper bersama para ASN perempuan lainnya pada H-1 sebelum resepsi. “Iya, kemarin ikut rewang membuat lemper.

(R-01)
 

Bagikan

RadarposTV