Momentum Perjuangan Pergerakan Perempuan Peringati Hari Ibu

Jumat, 24 Desember 2021 : 05:57



 


Momentum Hri Ibu

Radar Pos.Com.Jogyakarta
--- Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga menyampaikan Peringatan Hari Ibu (PHI) sebagai momentum mengenang perjuangan pergerakan perempuan pada 22 Desember 1928 di Ndalem Joyodipuran, Yogyakarta.


“Catatan kami pada 22 Desember 1928 berkumpul sekitar 1.000 perempuan dari 30 organisasi untuk memperjuangkan hak-haknya dan dalam upaya memajukan bangsa dan negara,” kata Bintang dalam pers rilis diterima  Kamis (23/12).


 Ia menyebut dari 30 organisasi tersebut bahkan ada yang bertahan sampai sekarang, yakni Aisyah, Wanita Katolik dan Wanita Taman Siswa. Tema besar yang diangkat untuk Hari Ibu sejak 2019 dikatakan Menteri Bintang adalah Perempuan Berdaya, Indonesia Maju.


“Ini menjadi pendorong bagi kita semua, serta pemangku kepentingan dan masyarakat luas bahwa perempuan punya eksistensi yang tinggi dalam pembangunan di Indonesia,” katanya.


Bintang menambahkan, dalam rangkaian acara peringatan hari Ibu tahun ini, pihaknya mengunjungi lapas perempuan dan anak, juga melakukan pendampingan kepada anak yatim piatu karena orangtua mereka meninggal akibat Covid-19.


“Kami juga mendampingi perempuan yang menjadi kepala keluarga karena suaminya meninggal akibat Covid-19,” ujarnya.Ketua Panitia Peringatan Hari Ibu Ratna Susianawati menyampaikan, serangkaian acara yang digelar untuk memperingati Hari Ibu ke-93 di Indonesia. Acara dilangsungkan di Ndalem Joyodipuran yang sekarang menjadi Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Yogyakarta
 

(R-01)

Bagikan

RadarposTV