Jumlah Kendaraan Diprediksi Masuk Solo saat Nataru 2022

Jumat, 24 Desember 2021 : 05:46



 

ilustrasi Nataru.

Radar Pos.com.Solo-
-- Jumlah kendaraan yang masuk ke Kota Bengawan diprediksi mencapai 4,5 juta saat momen natal dan tahun baru (Nataru) nanti. Jumlah tersebut lebih tinggi dari libur Nataru tiga tahun terakhir.


“Tahun ini kita prediksi naik 20 persen, atau sekitar 4,5 juta, dibanding 2019 naik 2 persen,” terang Kabid Lalulintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Ari Wibowo saat ditemu di Mapolresta Solo, Kamis (23/12).


 Dikatakan, arus kendaraan dari luar kota Solo sendiri mulai masuk Solo sekitar dua kali dalam weekend ini. Diperkirakan mereka mulai masuk untuk menghindari kepadatan pada saat puncak arus mudik yang akan mulai naik Jumat (24/12) malam.


“Jadi mereka datang lebih awal,” jelas Ari.Untuk mengontrol jumlah kendaraan yang masuk, lanjut Ari, pihaknya menambah titik traffic counting, dari lima titik menjadi tujuh titik.


“Titik yang baru ada di batas kota Jongke dan tugu Mahkota, sedangkan lima titik yang lama ada di Jurug, Dawung, Ringroad, Kleco dan Klodran,” ungkap Ari.


Sejauh ini pihaknya baru melakukan Manajemen Rekayasa Lalu Lintas (MRLL) di ruas jalan Ahmad Yani mulai dari depan Gereja Maria Regina hingga Simpang empat Panggung. Dimana sepanjang jalan tersebut dipasang Barikade.


“Untuk mencegah adanya kendaraan yang crossing, nanti apabila ada umat dari arah sebrang, berhenti saja, nanti kita seberangkan,” kata Ari.Disinggung soal titik macet, dari pantauan dua minggu lalu, masih berada di sekitar ruas jalan terdampak pengalihan arus dari perbaikan jalan DI Panjaitan, seperti di kawasan Ngemplak, Panggung, Ringin Semar, simpang lima Banjarsari, simpang tiga Gilingan, hingga kawasan palang Balapan.


“Kemudian kawasan Purwosari ya dan palang Joglo. Kemudian kita prediksi kemacetan besok terjadi di kawasan pasar, pusat oleh-oleh, serta lokasi wisata,” katanya.


(R-01)
 

Bagikan

RadarposTV