10 Kepala daerah Dapat Anugerah Kebudayaan PWI 2022,Termasuk Walikota Solo

Minggu, 19 Desember 2021 : 06:17



Mantap Walikota Solo raih Anugerah kebudayaan dari PWI

Radar Pos.Com.Solo
--- Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mendapatkan penghargaan Anugerah Kebudayaan (AK) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) tahun 2022. Tidak hanya putera Presiden Joko Widodo (Jokowi), ada sembilan kepala daerah lain yang menerima penghargaan yang sama.


Namun dalam daftar kepala daerah yang menerima penghargaan dari PWI itu tidak ada nama menantu Jokowi, Bobby Nasution, yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Medan. Total ada 10 kepala daerah yang masuk dalam daftar penerima penghargaan Anugerah Kebudayaan PWI 2022.


Berdasarkan siaran pers yang diterima , Sabtu (18/12/2021), disebutkan, penghargaan bagi 10 kepala daerah, termasuk Gibran akan diserahkan pada puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022 di Kendari, Sulawesi Tenggara.


Dijelaskan juga, Gibran mendapatkan penghargaan Anugerah Kebudayaan PWI 2022 setelah sebelumnya menjalani seleksi administrasi, serta penjurian berkas proposal dan video. Setelah itu ada tahap presentasi di hadapan dewan juri.


Presentasi dilakukan Gibran pada Kamis (16/12/2021) secara virtual kepada Dewan Juri AK PWI 2022 yang dipimpin oleh Agus Dermawan T., dan anggotanya yang terdiri Ninok Leksono, Nungki Kusumastuti, Atal S. Depari, dan Yusuf Susilo Hartono.


Dalam paparannya, Gibran menjelaskan langkah-langkah yang dilakukan Pemkot Solo dalam menghadapi pandemi Covid-19. Selain ketentuan-ketentuan yang ditetapkan pemerintah pusat, Solo menggunakan kearifan lokal dan potensi lokal.


“Solo menggunakan pendekatan gotong royong, merangkul para pemikir kebudayaan, hingga para seniman agar tetap bisa berkarya dengan memanfaatkan berbagai kanal dan teknologi informasi di masa pandemi menuju kenormalan baru,” ujar dia.


Gibran juga menyampaikan Solo menggelar berbagai festival, baik tradisi maupun kontemporer. Renovasi Taman Balekambang dengan wajah barunya sebagai arena kreasi dan rekreasi yang lebih ramah dan mudah diakses masyarakat juga dilakukan.


Tak ketinggalan Gibran menyampaikan dinobatkannya Solo sebagai Ibu Kota Pemajuan Kebudayaan oleh Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) pada awal Desember 2021. Berbagai hal itu merupakan capaian nyata pembangunan budaya di Solo.


10 Kepala Daerah Penerima Anugrah Kebudayaan PWI 2022

1. Walikota Padang Panjang, Sumatera Barat, Fadly Amran (Datuak Paduko Malano)
2. Bupati Magetan, Jawa Timur, Suprawoto
3. Bupati Lamongan, Jawa Timur, Yuhronur Efendi
4. Bupati Indramayu, Jawa Barat, Nina Agustina
5. Wali Kota Bekasi, Jawa Barat, Rahmat Effendi
6. Bupati Sumbawa Barat, NTB, Musyafirin
7. Wali Kota Solo, Jawa Tengah, Gibran Rakabuming Raka
8. Wali Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu, Helmi Hassan
9. Bupati Buton, Sulawesi Tenggara, La Bakri
10. Bupati Lamandau, Kalimantan Tengah, Hendra Lesmana.

(R-01)
 

Bagikan

RadarposTV