Tuntut Pembubaran Menwa Aksi Mahasiswa UNS Unjuk Rasa

Selasa, 02 November 2021 : 07:01



 

aksi unjuk rasa Mahasiswa UNS Solo
 

Radar Pos.Com.Solo — Mahasiswa UNS menggelar aksi menyusul tewasnya Gilang Endi Saputra saat mengikuti Diklat Resimen Mahasiswa (Menwa). Mereka berkumpul di depan Rektorat UNS, Senin (1/11) siang. Mahasiswa menuntut transparansi hingga pembubaran Menwa.


“Bubarkan Menwa!, Bubarkan Menwa,” teriak orator.
Pantauan media  aksi dimulai dengan berkumpulnya mahasiswa di Markas Menwa UNS. Kemudian, massa bergeser ke depan Rektorat UNS dan menyuarakan aspirasi mereka.


Mereka kompak mengenakan pakaian serba hitam. Massa juga membawa sejumlah poster yang antara lain bertuliskan ‘Mereka Bunuh Gilang’, ‘Menwa Berhutang Nyawa’ dan ‘Justice for GE’.


Dalam orasi yang dilakukan, mereka menilai bahwa pihak kampus terkesan menutupi kasus Gilang. Selain itu, mahasiswa juga menanyakan hasil autopsi rekan mereka Gilang.


Tak sampai di situ, orasi juga menyinggung kiasan mengenai “kipas asmara” dan “ranting jatuh”. Dimana, bagi peserta Diksar Menwa UNS ungkapan itu digunakan sebagai kode tamparan dan popor senjata.


“Selama ini, masih banyak yang belum jelas. Kami hanya meminta transparansi dari pihak kampus,” tandas salah seorang mahasiswa UNS yang menjadi juru bicara aksi, Elang Muhammad Fikri.
Sebelumnya, Direskrimum Polda Jateng Kombes Pol Djuhandhani Rahardjo Puro mengatakan, penyidik Polresta Solo masih menunggu keterangan saksi ahli forensik untuk menjelaskan hasil autopsi dari jenazah Gilang Endi Saputra.


“Berdasarkan hasil outopsi, ada beberapa luka yang diderita korban. Ini yang bisa menjelaskan nantinya dari ahli (Forensik). Nantinya, hasil visum akan dijelaskan ahli lalu keterangannya akam dituangkan ke BAP,”

(Team)

 

Bagikan

RadarposTV