Pembangunan Jalan Lingkar Relokasi Waduk Pidekso Wonogiri Dikebut

Kamis, 11 November 2021 : 06:21



 

Pimpinan PT PP Waduk Pidekso Nur Eko didampingi Abdul Mahmud

Radar Pos.Com.Wonogiri
— Pembangunan jalan lingkar relokasi untuk memberikan akses baru kepada masyarakat sekitar Waduk Pidekso Kecamatan Giriwoyo tengah dikebut. Hal ini dilakukan lantaran sebagian jalan lama bakal terendam air waduk.


“Memang jalan lama yang ada jembatannya itu nantinya akan terendam air waduk. Maka, sebagai gantinya kami tengah melakukan pembangunan akses jalan menuju tiga dusun yang berada di Desa Sendangsari dan juga menuju Desa Pidekso,” terang Project Manager PT PP Waduk Pidekso, Nur Eko didampingi PPK Waduk Pidekso BBWS Bengawan Solo Abdul Mahmud, Rabu (10/11).


Dijelaskan, jalan relokasi itu terbagi menjadi dua. Pertama adalah jalan lingkar kiri dengan panjang sekitar 2,8 kilometer. Lalu kedua yakni jalan lingkar kanan dengan panjang 10,5 kilometer. Lebar badan jalan tiga meter ditambah bahu jalan satu meter kanan kiri. Selain itu, jalan lingkar nantinya juga akan dilengkapi dengan drainase.


Menurut Nur Eko, jalan lingkar kiri tersebut akan menghubungkan langsung ke Desa Sendangsari, sedangkan jalan lingkar kanan menuju Desa Pidekso.“Jalan lingkar itu, selain untuk akses jalan masyarakat juga menjadi batas antara lahan masyarakat dengan lahan negara,” terangnya.


Nur Eko mengatakan, saat ini pembangunan jalan lingkar masih terus dikerjakan. Saat ini kendala yang dialaminya adalah karena faktor cuaca. Sehingga kondisi tanah menjadi becek.Akses jalan saat ini masih berupa tanah sehingga masih perlu dilakukan pengerasan dengan pengaspalan. Namun demikian, kendala tersebut adalah wajar.


Waduk Pidekso di kecamatan Giriwoyo Wonogiri

“Sebenarnya pembangunan jalan ini ditargetkan rampung di Desember 2022. Tapi seiring waktu berjalan ada perubahan, pembangunan fasum dipercepat jadi Desember 2021 harus kelar,” paparnya.
Oleh sebab itu, pihaknya telah mengantisipasi kerusakan atau dampak cuaca. Yakni dengan menyiagakan alat berat, seperti eskavator, buldoser dan kendaraan pemadat tanah di beberapa titik.
Sementara di jalan lingkar kanan kata dia, sedang dibangun sebuah jembatan.

 Selama proses pembangunan, pihaknya telah membuat jembatan darurat agar akses masyarakat tidak terputus.“Jalan lingkar tersebut kelak akan menjadi akses baru di sekeliling Waduk Pidekso. Untuk pembangunan jalan relokasi baik lingkar kiri maupun kanan menelan dana berkisar Rp 80 sampai Rp 90 Miliar.

(R-01)

 

Bagikan

RadarposTV