Kabupaten Wonosobo Juara Festival Tunas Bahasa Indonesia Provinsi Jateng

Senin, 22 November 2021 : 19:50


   

 

Lomba Bahasa di Hotel Lor In Karanganyar

Radar Pos.com.Karanganyar
--– Kontingen Kabupaten Wonosobo meraih predikat juara umum dalam Festival Tunas Bahasa Ibu yang diselenggarakan Balai Bahasa Jawa Tengah (Jateng) di Hotel Lorin, Karanganyar, Jumat-Senin (19-22/11/2021).


Kontingen Wonosobo dinobatkan sebagai juara umum setelah mengumpulkan gelar terbanyak dalam ajang yang diselenggarakan dalam 14 kategori itu.Kepala Balai Bahasa Jateng, Dr. Ganjar Harimansyah, mengatakan Festival Tunas Bahas Ibu itu akan digelar tahun depan. Ia pun berharap para guru dan dinas di daerah dapat mempersiapkan siswa lebih awal untuk mengikuti ajang ini.


Selain itu, Ganjar juga meminta agar guru yang dikirim dalam pelatihan guru master dapat berganti. Dengan demikian, disemninasi dapat merata diterima semua guru Bahasa Jawa.


“Semua peserta yang datang pada Festival Tunas Bahasa Ibu merupakan pemenang, karena tidak semua anak dapat mengikuti kegiatan tersebut. Anak-anak yang ikut berlomba dalam festival tersebut merupakan pilihan dari daerahnya masing-masing,” kata Ganjar dalam keterangan resminya.


Ketua kegiatan, Ery Agus Kurnianto, menyebutkan semua kabupaten/kota mengikuti Festival Tunas Bahasa Ibu dengan antusias. Meski demikian, ada dua kabupaten yang tidak lengkap mengirimkan wakilnya. Namun, pihaknya memaklumi karena waktu persiapan yang sangat singat.


“Tidak hanya guru, semua siswa bersemangat mengikuti kegiatan ini,” tutur Ery.
Salah satu perwakilan guru pendamping SMP, Indro Ismanu, mengatakan bahwa kegiatan yang diselenggarakan Balai Bahasa Jateng bagi guru bahasa Jawa seperti memberi minum pada orang yang kehausan. Selama ini bahasa Jawa seperti disisihkan, tetapi dengan adanya kegiatan itu guru-guru menjadi bergairah. Semua bersemangat melaksanakannya demi kelestarian bahasa Jawa.

(R-01)
 

Bagikan

RadarposTV