Fase I Ganti Rugi Proyek Elevated Railway Jalur Ganda Telan Rp322 Miliar

Kamis, 18 November 2021 : 10:27





saat memberikan relisnya petugas kementrianPerhubungan

Radar Pos.Com.Solo
– Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mulai menyalurkan santunan ganti rugi warga terdampak pembangunan single elevated railway jalur ganda Solo-Semarang Fase 1 (Solo Balapan-Kadipiro).


Total anggaran sekitar Rp322 miliar yang disediakan untuk 551 bangunan milik warga terdampak pembebasan lahan pembangunan rel ganda tersebut.


 “Totalnya ada 522 KK yang menerima santunan penanganan dampak sosial kemasyarakatan pembangunan jalur ganda, Solo-Semarang fase 1 mulai dari Solo Balapan sampai Kadipiro,” ujar Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah, Putu Sumarjaya, Rabu (17/11).


Ratusan KK itu terbagi menjadi empat kelurahan, dengan rincian 72 KK Kelurahan Joglo, 14 KK Kelurahan Banjarsari, 244 KK Kelurahan Nusukan, dan 221 KK Kelurahan Gilingan.
“Pemberian santunan kami laksanakan bertahap sesuai kelurahan masing-masing sampai sepekan ke depan,” kata dia.


Ia mengatakan luasan tanah terdampak proyek ini sepanjang rel kurang lebih 15.000 meter persegi. Sementara untuk pembebasan lahan ada 9.000 meter persegi itu tahun depan,” katanya.


Menurutnya, ada beberapa komponen yang menjadi dasar penghitungan ganti rugi, antara lain nilai bangunan, pohon tumbuh yang ada di tanah, dan lainnya. Komponen tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang.

(R-01)

 

Bagikan

RadarposTV