Sedekah Bumi di Selokaton Mengelar Wayang kulit Dengan Dua Dalang

Sabtu, 30 Oktober 2021 : 05:42


Ilyas Akbar Almadani tengah saat doa bersama di Selokaton

Radar Pos.Com.Karanganyar
—Pada hari Jumat tanggal 29 Oktober 2021 di Selokaton,Gondangrejo, Karanganyar  diadakan Bersih desa yang mana dimulai sejak malam tadi ,dengan diadakan doa bersama yang dihadiri oleh Ketua DPD II Golkar kabupaten Karanganyar Ilyas Akbar Almadani .

Di tempat terpisah Ketua panitia Bersih desa  Warsito,S.Pd M.Pd kepada awak media Radar Pos.Com mengatakan, bahwa bersih Desa dusun selokaton ini adalah agenda tahunan yang tujuan utama adalah Memetri Budaya .

Selain itu juga sebagai bentuk Syukur kepada Tuhan yang maha esa, dengan mengelar pagelaran wayang kulit. untuk tahun ini mengambil Tema Bangkit Wargaku Dukung Indonesia Maju dengan tekat diri dusun Selokaton Abdikan diri pada Negeri “

Penyerahaan Tokoh Wayang

Karena masih Pandemi maka wayang selama satu hari Full, biasanya sehari semalam ,hari ini  dengan dua dalang, untuk pagi adalah Ki Wijo Seno untuk siangnya ki Wiratmoko dari Madangkara Karanganyar,jadi acara bersih desa ini biasanya dilengkapi dengan kirab unduh hasil bumi mubeng kampung, setiap Rt mengeluarkan Materi masing-masing.

Yang disiapkan adalah Unduh-unduh Gunungan hasil Bumi dikirabkan keliling kampung, karena situasi pandemi maka tidak dilakukan .dan pada kesempatan ini untuk lakon pakem adalah Mbok Sri mulih yang dilanjutkan lakonya bergantian tiap tahunya

Dikatakan Warsito yang juga Pengawas di Korwil Gondangrejo ini,kegiatan ini juga guna menumbuhkan Greget gotong royong, Warga Sayuk bisa kumpul dan bisa mengerjakan bareng-bareng

Dalam sambutanya Kepala Desa Selokaton Sutino juga mengatakan selamat datang atas kehadiranya dan mendukung kegiatan iniSelain itu juga kegiatan masyarakat seperti ini yang diharapkan semoga selokaton gemah ripah loh jinawi terima kasih kepada panitia dan semua warga yang ikut kegiatan bersih desa .

Sementara Camat Gondangrejo Bakdo Harsono mewakili Bupati Karanganyar  menambahkan bahwa Bupati sangat mendukung dalam nguri-uri budaya ,juga sebagai ajang mempererat silaturohmi. mempererat kekompakan, Kebersamaan dan kegotong-royongan yang harus dilestarikan terang Camat Gondangrejo .

Sambutan Camat Gondangrejo

Dikatakan Perkembangan Jaman Era Globalisasi jangan sampai mengerus dengan bersyukur dan berdoa desa setempat tidak ada bencana, warga masyarakatnya juga Adem ,Ayem Tenterem rejekinya juga lumintu terangnya Camat mewakili Bupati  Drs.Juliatmono,MM 

Acara Tersebut juga dilakukan Penyerahan Tokoh wayang dari Bapak Camat Kepada ki dalang ,selamat Menyaksikan acara wayang kulit ini semoga bisa jadi hiburan tersendiri  tampak hadir Kepala desaWonorejo Drs. Maryono, MM dan tamu undagan lainya.

(Team)

Bagikan

RadarposTV