Pembangunan Gedung Wanita Karanganyar Rp 20 M Dibangun Tahun Depan Kenapa ?

Kamis, 07 Oktober 2021 : 20:44





Ketua DPRD Karanganyar

Radar Pos.Com.Karanganyar
---Sempat tertunda, megaproyek pembangunan Gedung Wanita yang menelan anggaran Rp 20 miliar akan dikerjakan Pemkab Karanganyar pada tahun depan. Tahun ini Pemkab menyelesaikan pembangunan Gedung Teater serta penyelesaian Mal Pelayanan Publik (MPP).
Ketua DPRD Karanganyar, Bagus Selo, mengatakan megaproyek tersebut masuk dalam skala prioritas kegiatan fisik Pemkab tahun depan. Sebelumnya proyek itu tertunda karena terdampak refocusing anggaran untuk penanganan Pandemi Covid-19.


“Ada proyek yang akan dikerjakan di tahun depan, yakni pembangunan Gedung Wanita Rp 20 miliar. Kalau yang lainnya kegiatan fisik hanya kecil-kecilan,” kata dia ketika berbincang- bincang
Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini meminta Pemkab mempersiapkan secara matang rencana pembangunan proyek besar tersebut. Gedung Wanita selama ini digunakan sebagai tempat resepsi pernikahan dan pertemuan.


Gedung Wanita Karanganyar yang Tertunda

Namun sejak pandemi Corona, Gedung Wanita digunakan sebagai tempat isolasi terpadu (isoter) pasien corona tanpa gejala. Nantinya sesuai rencana Gedung Wanita bakal dirobohkan dan dibangun ulang.
Sedangkan untuk pembangunan Gedung Teater dibangun di komplek Gedung Wanita dan bekas kantor Baperlitbang. Sesuai grand design, gedung akan dibuat terbuka menyerupai pendapa di bangun di lahan seluas 2.040 meter persegi. Penataan di kompleks Gedung Wanita dilakukan dalam upaya penataan kawasan publik bagi masyarakat.


“Sesuai rencana gedung teater itu akan digunakan untuk tempat berkesenian,” tuturnya.
Sementara pembangunan MPP, Bagus Selo menambahkan, Pemkab tinggal melakukan penyelesaian saja. MPP dibangun di Kelurahan Lalung, Kecamatan Karanganyar. Di tahap pertama, Pemkab mengalokasikan anggaran sekitar Rp3,8 miliar.


Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Karanganyar (DPMPTSP)  Karanganyar, Timotius Suryadi, sebelumnya mengatakan pembangunan MPP dikerjakan merujuk Permen PAN RB Nomor 23 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik.


Tujuannya memberikan kemudahan, kecepatan, keterjangkauan, keamanan, dan kenyamanan kepada masyarakat Karanganyar dalam mendapatkan pelayanan. Selain itu meningkatkan daya saing global dalam memberikan kemudahan berusaha di Kabupaten Karanganyar.


MPP dibangun dua lantai di lahan seluas 4.489 meter persegi. Lantai satu untuk MPP, lantai dua untuk mezanin. Di mana ruangan terpisah yang nantinya akan terhubung dengan ruangan utama.terangnya.


(Team)
 

Bagikan

RadarposTV