Keraton Kasunanan Solo Tiadakan Tradisi Sekaten dan Grebeg Maulud Tahun 2021

Kamis, 21 Oktober 2021 : 20:53




Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Radar Pos.com.Solo
– Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat kembali meniadakan tradisi sekaten dan Grebeg Maulud tahun ini. Alasan peniadakan grebeg dan sekaten tersebut karena situasi masih pandemi.


“Situasi Solo masih PPKM Level 2. Kita tidak bisa menggelaar acara dengan jumlah banyak,” ujar Pengageng Parentah Keraton Solo, KGPH Dipokusumo, Selasa (19/10).


 Ia menyebut kedua tradisi tersebut biasanya rutin digelar setiap tahunnya sebagai bagian dari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sejak Kerajaan Demak. Perayaan pasar malam Sekaten dan Grebeg Maulud atau gunungan tahun ini belum bisa digelar tahun ini.


“Situasi masih pandemi PPKM Level 2 kita tidak bisa menggelar acara dengan jumlah orang banyak,” katanya.


Dikatakannya, bisanya peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW dirayakan Keraton Surakarta dengan menggelar tradisi Sekaten yang ditandai dengan ditabuhnya dua gamelan pusaka, Kyai Guntur Madu dan Kyai Guntur Sari. Kedua gamelan itu ditabuh selama tujuh hari.


“Dua pekan sebelum kedua gamelan pusaka tersebut ditabuh di Bangsal Pradonggo selatan dan utara di halaman Masjid Agung Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat,” katanya.


Ia menambahkan biasanya juga digelar pasar malam yang biasanya digelar di kawasan alun-alun. Masyarakat bisa menikmati berbagai hiburan, permainan dan kuliner hingga satu pekan setelah gamelan sekaten selesai ditabuh.

(Team)
 

Bagikan

RadarposTV