Kegiatan Sosialisasi Pengendalian Penyebaran Hama dan Penyakit Ikan di Lamongan

Sabtu, 16 Oktober 2021 : 20:22




Poto Bersama Peserta Sosialisasi Pengendali Hama dan Penyakit Ikan

Radar Pos.Com.Surabaya
----UPT Laboratorium Kesehatan Ikan dan Lingkungan Pasuruan melalui Seksi Pengendalian Kesehatan Ikan dan Lingkungan melaksanakan kegiatan pertemuan Sosialisasi Pengendalian Penyebaran Hama dan Penyakit Ikan di Lingkungan Dinas Perikanan Kabupaten Lamongan. 

Pertemuan Sosialisasi ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan edukasi kepada pembudidaya ikan mengenai cara budidaya ikan yang baik agar terhindar dari ancaman hama dan penyakit pada ikan. Serta menciptakan masyarakat pembudidaya sesuai dengan standart CBIB.


Narasumber kegiatan ini adalah Ibu Drh. Umy Wulandari selaku Kepala Seksi Kesehatan Ikan dan Lingkungan Dinas Perikanan Kabupaten Lamongan, dengan Bpk. Sulfamianto, S.Pi selaku Kepala Seksi Pengendalian Kesehatan Ikan dan Lingkungan UPT Lab. Keskanling Pasuruan.


“Sering kali dijumpai di kalangan pembudidaya masih asal-asalan dalam melakukan proses budidaya mulai dari persiapan, manajemen pemberian pakan, perawatan hingga pemanenan, sehingga tak jarang ditemukan kasus kematian pada ikan, ikan tidak sehat, dan sebagainya”, terang Drh. Umy Wulandari


Saat Melakukan sosialisasi

Materi yang di sampaikan dalam kegiatan sosialisasi ini meliputi: Potensi dan Strategi menjadi pembudidaya ikan yang baik, aplikasi penghitungan pemberian pakan, pengenalan jenis-jenis hama dan penyakit ikan yang sering ditemukan dan dialami oleh pembudidaya,pengujian berkala kualitas budidaya, pencegahan dan penanganan ikan yang terkena penyakit.


“Dengan adanya pertemuan sosialisasi pengendalian penyebaran hama dan penyakit ikan kami berharap masyarakat sekitar dapat menambah wawasan dalam pembudidayaan ikan dan hasil panen bertambah serta dapat menumbuhkan perekonomian pembudidaya”, ujarnya


Peserta berjumlah 20 orang dari perwakilan kelompok pembudidaya dari Kecamatan Glagah, Kecamatan Deket, Kecamatan Turi, Kecamatan Kembangbahu, Kecamatan Lamongan, Kecamatan Balongpanggang, Kecamatan Tikung, dan Kecamatan Duduksampean.

(Ris/*)
 

Bagikan

RadarposTV