Program PTSL Desa Kalisari,Dilaporkan Ketua LMP Grobogan dijatuhi Hukuman 4 Tahun Oleh Pengadilan TIPIKOR Semarang

Senin, 06 September 2021 : 06:52



Ketua LMP Grobogan Adi ,SH.M.Kn Mantab Gaes

Radar Pos.com. Grobogan
.---Pemerintah Desa Kalisari Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan.
Terkait kasus korupsi program PTSL tahun 2019(Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) oleh oknum seorang Sekretaris desa(menjabat sebagai PLT Kades tahun 2019).

Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang diselenggarakan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) melalui kegiatan acara pelaksanakan oleh Mentri agraria.

Dalam keputusan SKB (Surat Keputusan Bersama)tiga menteri dianggarkan sebesar 150 ribu untuk pulau Jawa dan Bali.Namun kenyataan  dilapangan malah lebih besar nilainya.

Sekretaris Desa sekaligus menjabat sebagai PLT kepala desa saat itu yang bernama Listiyono(Ly), menarik  tentang Program Sistemastis Tanah Lengkap sebesar 600 ribu sampai 750 ribu dalam pengurusan tanah.

Atas kejadian itu,dari Ormas Laskar Merah Putih (LMP)Grobogan,Adi Prayitno,SH.M.Kn geram terhadap oknum tersebut.

Mengadukan dan pelaporan hal ini,terkait  indikasi  korupsi ke PolDa Jateng. Pengaduan ini,di disposisikan ke Polres Grobogan.Dilanjutkan ke Kejaksaan dan pengadilan Tipikor(Tindak Pidana Korupsi) Semarang Jawa Tengah.Agar bisa diproses secara hukum yang berlaku dan diberikan sanksi yang seberat-beratnya.Agar dapat menjadikan efek jera oleh pelaku dan sebagai  pelajaran oleh oknum Kepala Desa dan oknum Sekretaris Desa."tegasnya.

Ketua Ormas Laskar Merah putih Adi Prayitno,SH M.Kn, yang sekarang ketua Mada Lmp provinsi Jawa Tengah,saat dikonfimasi dalam ruang kerjanya  pada tanggal 1 September 2021 pada pukul 14.00wib .Memberikan informasi terkait kasus korupsi oleh oknum Sekretaris Desa tersebut.

Terpisah, 

 Saat di Konfirmasi terkait korupsi PTSL tahun 2019 kepada kepala desa yang bernama Yasmuri,di Balai Desa  pada tanggal 2 September 2021,ikut membenarkan atas informasi tersebut.Saat itu beliau sedang cuti dalam masa pencalonan kepala desa.Sehingga Jabatan dialih fungsikan kepada Sekretaris Desa.Dari kecamatan menunjuk Sekretaris Desa sebagai PLT Kepala Desa.

Sertifikat Tanah

"Program PTSL tersebut,inisial (Ly) (Sekdes) mecangkup keuntungan yang diperoleh sebanyak 160 juta dalam penarikan yang bervarian antara 600 ribu sampai 750 ribu"ujarnya.

Terdakwa yang  bernama Listiyono berinisial (Ly) warga Desa Kalisari dijatuhi hukuman 4 tahun PENJARA oleh Pengadilan TIPIKOR Semarang.

Menurutnya(Kades)." Sekretaris Desa masih berada dalam Rumah Tahanan (RuTan) Purwodadi.Informasi ini,ketika berjumpa di kantor desa, yakni  dari salah satu pegawai kecamatan Kradenan"pungkasnya.

 (MAS Eka)
 

Bagikan

RadarposTV