Walikota Ning Ita Ajak ASN Berdonasi untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

Rabu, 18 Agustus 2021 : 07:24


 

Upacara 17 di Kota Mojokerto Jatim

Radar Pos.Com.Mojokerto
—Dalam Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-76 diperingati Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari sebagai momentum mengetuk solidaritas dan kepedulian terhadap sesama. Sebagai wujudnya, Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Mojokerto diajak menyisihkan sebagian penghasilan guna membantu penanganan dampak sosial ekonomi akibat Covid-19 serta pemberlakuan PPKM level 4.


Gerakan kemanusiaan itu juga diterapkan Ning Ita, sapaan akrab wali kota beserta anggota DPRD Kota Mojokerto yang juga turut menyumbangkan sebagian gajinya sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat terdampak Covid-19.


”Mulai bulan Agustus hingga Desember 2021 nanti sebagian gaji saya sebagai Wali Kota Mojokerto akan saya donasikan untuk warga Kota Mojokerto yang terdampak pandemi Covid-19,” ujar Ning Ita di sela agenda Sidang Paripurna dalam rangka mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI pada sidang tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI serta DPD RI tahun 2021, di Gedung DPRD Kota Mojokerto, Senin (16/8) pagi .


Walikota Ning Ita Pimpin Upacara

Wali kota perempuan pertama di Kota Mojokerto ini menyebut, secara sukarela dia menyumbangkan bantuan senilai Rp 1 juta per bulan. Ning Ita berharap, langkah serupa juga dilakukan seluruh ASN untuk secara ikhlas berkontribusi dalam membantu percepatan pemulihan dampak sosial ekonomi akibat pandemi. ”Saya juga mengimbau seluruh ASN supaya menyisihkan sedikit gaji mereka untuk disedekahkan untuk membantu saudara kita yang terdampak Covid-19,” ulasnya.


Partisipasi kemanusiaan terhadap wabah Covid-19 juga telah dituangkan melalui surat dari Dewan Pengurus Korpri Kota Mojokerto. Surat yang diterbitkan per 4 Agustus 2021 tersebut telah disebar ke jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Mojokerto.


Besaran bantuan dana disesuaikan dengan pangkat dan jabatan masing-masing ASN. Untuk jabatan setingkat eselon II diharapkan untuk menyumbang sebesar Rp 200 ribu per bulan. Sedangkan bagi jabatan eselon III dan jabatan eselon IV masing-masing sebesar Rp 150 ribu dan Rp 100 ribu. Sementara jabatan pelaksana atau staf sejumlah Rp 50 ribu per bulan.


Nantinya, lanjut Ning Ita, donasi yang terkumpul akan disalurkan ke Satgas Penanganan Covid-19 Kota Mojokerto agar didistribusikan ke masyarakat terdampak di tiga wilayah kecamatan di Kota Mojokerto. ”Uang donasi ini akan digunakan untuk mendukung kegiatan yang berkaitan dengan pencegahan dan penanganan wabah Covid-19 Kota Mojokerto," tegasnya.


Ketua Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Mojokerto ini juga mengapresiasi kebesaran hati para ASN Kota Mojokerto yang merelakan sebagian pendapatan untuk membantu pemerintah dan masyarakat. Dan, dalam nuansa peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-76 ini adalah momentum yang tepat untuk semua pihak menunjukkan kepedulian demi kepentingan bersama. ”Apalagi saat ini dalam rangka bencana kemanusiaan, kita yakin dan optimistis semua ASN melakukan dengan ikhlas. Ini kesempatan kita untuk membantu masyarakat juga,” tutup Ning Ita.


Langkah wali kota ini diapresiasi Ketua Komisi III DPRD Kota Mojokerto, Agus Wahyudi Utomo. Dia pun turut mendonasikan sebagian gajinya untuk aksi sosial tersebut. ’’Saya sangat apresiasi. Dan, saya juga akan terlibat di kegiatan ini,’’ katanya.


Politisi Golkar ini menyebut, ia juga akan menyerahkan sebagian gajinya ke tim Satgas senilai Rp 6,5 juta. ’’Saya berharap, langkah kepala daerah ini juga diikuti oleh teman-teman di legislatif,’’ harapnya.
Bagi Agus, penanganan Covid-19 di Kota Mojokerto tak akan bisa rampung jika hanya ditangani pemerintah. Sehingga, perlu gerakan massif dari semua kalangan. ’’Untuk wali kota dan seluruh ASN, saya salut. Kalian sudah menjadi cermin pemerintahan yang baik di pemerintahan.


(Team)
 

Bagikan

RadarposTV