Sosialisasi Pelestarian Plasma Nutfah Perairan di Lingkungan Sungai Grenden

Minggu, 08 Agustus 2021 : 09:29


 

Pelestarian Plasma Nutfah

Radar Pos.Com.Surabaya
---UPT Laboratorium Kesehatan Ikan dan Lingkungan Pasuruan melalui Seksi Pengendalian Kesehatan Ikan dan Lingkungan melaksanakan pertemuan dalam rangka Sosialisasi Pelestarian Plasma Nutfah Perairan yang dilaksanakan di Lingkungan Sungai Grenden, Desa Grenden, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember beberapa saat yang lalu.

Sosialisasi ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengenalkan pada masyarakat tentang perlunya melestarikan dan menjaga Plasma Nutfah Perairan atau Ikan Endemik Lokal yang ada di perairan seluruh wilayah Jawa Timur. Peserta yang hadir dalam Pertemuan ini berjumlah 20 orang dari beberapa kelompok yang berada di kecamatan Puger, kecamatan Umbulsari, kecamatan Kencong dan kecamatan Gumuk Mas.

Dalam pertemuan ini, selaku narasumber yaitu Dyah Setyowati, S.Pi selaku Plt. Kasi. Kelembagaan dan Pelaku Usaha Dinas Perikanan Kabupaten Jember dan Sulfamianto, S.Pi selaku Kepala Seksi Pengendalian Kesehatan Ikan dan Lingkungan dari UPT Lab. Keskanling Pasuruan.

Saat Melakukan Kunjungan

Materi yang di sampaikan dalam pertemuan ini adalah mengenai Pengelolaan lingkungan perairan umum dan kebijakan Dinas Perikanan Kabupaten Jember. Serta pengenalan keanekaragaman , jenis ikan endemik lokal Jawa Timur dan cara pelestarian ikan endemik lokal.


“Kegiatan ini kami selenggarakan untuk mengajak masyarakat sekitar sungai Grenden untuk melestarikan ikan endemik lokal dan juga cara melestarikannya,”kata Plt. Kasi Kelembagaan dan Pelaku Usaha Dinas Perikanan Kabupaten Jember Dyah Setyowati,S.Pi.


lokasi Budidaya ikan

Diharapkan dalam pertemuan ini bisa menanamkan kesadaraan dan kepedulian masyarakat untuk selalu menjaga dan melestarikan keanekaragaman ikan endemik lokal. Selain melakukan Pertemuan, UPT Labkeskanling juga memberikan bantuan berupa ikan lokal, yaitu Ikan Tawes (Puntius Javanicus) sebanyak 2.000 ekor ukuran 2-3 cm dan Ikan Wader Cakul (Puntius binotatus) sebanyak 2.000 ekor ukuran 3-5 cm. Serta bantuan berupa banner himbauan dan pelarangan mencari ikan dengan cara yang dilarang seperti penggunaan setrum, obat ikan, bom ikan, dan sebagainya.

(ris)
 

Bagikan

RadarposTV