Polres Magelang Beri Tabungan Pendidikan untuk Anak Yatim Covid-19

Kamis, 19 Agustus 2021 : 13:51



 

Penerima Santunan

Radar Pos.Com.Magelang
— Meningkatnya kasus anak mendadak menjadi yatim piatu karena kedua orang tuanya atau walinya meninggal karena Covid-19 menjadi salah satu keprihatinan yang besar pada masa pandemi ini. Oleh karena itu Kapolres Magelang, AKBP Ronald A. Purba, menyantuni anak yatim akibat Covid-19 melalui program Aku Sedulurmu.


Mengutip dari situs Beritamagelang.id, Rabu (18/8/2021), dalam kesempatan itu, Ronald menghadirkan anak yaitm piatu akibat Covid-19 yang ada di Kabupaten Magelang. Para anak yatim yang dihadirkan di Mapolres Magelang itu selanjutnya akan diberikan tabungan untuk biaya sekolahnya. Kapolres juga menyampaikan bahwa pihaknya akan mendukung program Aku Sedulurmu yang merupakan gagasan dari Kapolda Jawa Tengah itu


Perlu diketahui bahwa Polres Magelang dalam program Aku Sedulurmu ini telah memberikan bantuan biaya pendidikan kepada 10 anak yatim piatu yang terdiri dari 3 siswa SMA, 4 siswa SMP, 2 siswa SD dan 1 siswa Taman Kanak-Kanak.


Acara tersebut juga dihadiri Forkopimda Kabupaten Magelang diantaranya Sekretaris Daerah, Dandim 0705/Magelang yang diwakii Pasi Ops dan beberapa pejabat Dinas pemkab Magelang, di antaranya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Kepala Dinas Sosial.


Sebelumnya, program Aku Sedulurmu yang digagas Polda Jateng resmi diluncurkan Senin (16/8/2021). Peluncuran  dilaksanakan di Hotel Patra Jasa oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto, dan perwakilan dari United Nations Children’s Fund (Unicef).


Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Umum Bhayangkari yang merupakan istri Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Juliati Sigit Prabowo, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Direktur PT Sidomuncul David Hendrajaya.


Pada peluncuran program Aku Sedulurmu, Polda Jateng mendapat penghargaan dari Unicef karena telah respons cepat menangani anak yatim piatu akibat Covid-19. Acara launching ini disiarkan secara virtual dan diikuti oleh seluruh jajaran Polres di Jawa Tengah.


Sementara itu, Menurut Kabidhumas Polda Jawa Tengah, dari data yang dimiliki Polda Jateng terdapat 333 anak Yatim Piatu yang orang tuanya meninggal sebab Covid 19 pada 35 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. Secara terperinci, data tersebut mencatat ada tiga kota/Kabupaten dengan jumlah anak yatim piatu sebab covid 19 terbanyak. Yakni, Kabupaten Sukoharjo dengan jumlah 33 anak, Kabupaten Klaten 28 anak, dan Kabupaten Karanganyar 26 anak.

(Team)
 

Bagikan

RadarposTV