Polda Jateng Jamin Proses Pemakaman KGPAA Mangkunegara IX Sesuai Protokol Kesehatan

Sabtu, 14 Agustus 2021 : 07:41



Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfi

Radar Pos.Com.Solo
— Polda Jawa Tengah mengawal langsung proses pemakaman KGPAA Mangkunegara IX yang akan dilaksanakan pada Minggu (15/8) besok. Pasalnya, proses pemakaman melibatkan dua wilayah, yakni Solo dan Karanganyar.


“Tidak ada masalah, nanti Karo Ops yang akan menangani,” terang Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Jumat (13/8).


 Dikatakan, Polresta Solo saat ini melakukan persiapan pengamanan, salah satunya pengajian. Termasuk, saat pemberangkatan nanti.


“Sudah disiapkan Polresta terkait dengan pengamanan. Salah satunya, mungkin saat pelaksanaan (prosesi pemakaman) ada pengajian,” jelasnya.


Suasana Di Mangkunegaran Solo

Menurutnya, pemakaman akan dilaksanakan dengan prosesi Agama Islam dan adat Mangkunegaran. Tahapan prosesinya telah diserahkan keluarga Pura Mangkunegaran. Selanjutnya, protokol kesehatan tetap diterapkan sehingga tidak terjadi kerumunan dalam masa pandemi.


“Kemudian kami juga koordinasi dengan Satgas Covid serta pihak keraton supaya pelaksanaanya sesuai kita harapkan,” kata Luthfi.


Disinggung jika banyak masyarakat yang melayat, Luthfi mengatakan, pihaknya akan melakukan pencegahan. Mengingat, kondisi saat ini yang masih rawan penyebaran Covid-19.


“Jika masyarakat ingin melihat, kami sediakan layar lebar agar mengetahui kondisi di dalam. Masyarakat tidak perlu masuk, mengingat kondisi masih pandemi,” katanya.


Jenazah KGPAA Mangkunegara IX tiba di Pura Mangkunegaran sekira pukul 16.10 WIB. Pengawalan ketat dilakukan oleh aparat agar tak terjadi kerumunan masyarakat.

(Team)

 

Bagikan

RadarposTV