Peringati HUT RI ke 76, Sukarelawan Gelar Upacara Bendera di Pemakaman Jenazah Covid-19

Selasa, 17 Agustus 2021 : 06:58


Upacara Di Pemakaman covid 19

Radar Pos.Com.Madiun
— Sukarelawan tim pemakaman jenazah Covid-19 di Kota Madiun menggelar upacara bendera untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan RI di tempat pemakaman umum Pagu Indah, Kelurahan Manisrejo, Kecamatan Taman, Kota Madiun, Minggu (15/8/2021).


Upacara bendera untuk memperingati hari kemerdekaan ini pun digelar dengan cara khusus. Para peserta upacara yang merupakan sukarelawan pemakaman jenazah Covid-19 itu mengenakan pakaian hazmat dan alat pelindung diri.


Pantauan Media di lokasi, belasan sukarelawan yang terdiri dari petugas Palang Merah Indonesia (PMI) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Madiun itu dengan khidmat mengikuti upacara bendera tersebut. Lokasi pemakaman Pagu Indah ini merupakan salah satu tempat pemakaman bagi jenazah Covid-19.


Seperti upacara bendara pada umumnya, belasan sukarelawan ini juga bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya saat bendera merah putih berkibar. Mereka juga menggunakan peralatan penggali tanah yang biasa mereka gunakan untuk memakamkan jenazah.


Koordinator Tim Pemakaman Jenazah Protokol Kesehatan Covid-19 dari PMI Kota Madiun, Yulius Victoria, mengatakan upacara bendera untuk memperingati hari kemerdekaan ini sengaja digelar di tempat pemakaman karena sebagai bentuk keprihatinan para relawan terhadap pandemi yang belum berakhir.


“Di tempat makam ini banyak dimakamkan jenazah Covid-19,” kata dia kepada wartawan di lokasi upacara.


Pria yang akrab disapa Kelik ini menyampaikan beberapa hari terakahir ini jumlah jenazah pasien Covid-19 di Kota Madiun mengalami penurunan. Situasi ini berbeda jika dibandingkan dengan pada bulan Juli kemarin. Saat itu, dalam sehari timnya bisa memakamkan 15 jenazah dengan protokol kesehatan.


“Kami berharap semoga pandemi Covid-19 bisa segera berakhir dan kehidupan bisa kembali seperti sebelumnya,” ujar dia.


Data dari Satgas Penanganan Covid-19 Kota Madiun, per Minggu, ada tambahan kasus positif sebanyak 46 orang dan pasien sembuh 45 orang. Untuk total pasien meninggal karena positif Covid-19 ada 432 orang. Sedangkan kasus aktif total 769 pasien

(Team)
 

Bagikan

RadarposTV