KGPAA Mangkunagoro IX Bakal Dimakamkan di Astana Girilayu Matesih, Warga Tak Perlu Melayat

Jumat, 13 Agustus 2021 : 17:03


    
 

Raja Keraton mangkunegoro IX

Radar Pos.Com.Solo
– Jenazah Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunagoro IX dimakamkan di Astana Girilayu, Kecamatan Matesih, Karanganyar. Hanya keluarga dan kerabat dekat saja yang boleh mengikuti upacara pemakaman dengan adat Jawa yang digelar.


Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, menjelaskan jenazah berangkat dari Jakarta menuju Pura Mangkunegaran pukul 09.00 WIB. Dia memperkirakan jenazah sampai Pura Mangkunegaran sekitar pukul 15.00 WIB.


“Kami berkoordinasi dengan keluarga dan Pura Mangkunegaran terkait tradisi pemakaman jenazah. Kami melibatkan satgas Covid-19 supaya tidak muncul klaster baru,” kata dia.


Karangan Bunga Berjajar Di Keraton Mangkunegaran

Menurut dia, masyarakat yang hendak melayat Mangkunagoro IX tidak perlu datang ke Pura Mangkunegaran. Petugas hanya mengizinkan keluarga dan kerabat dekat yang boleh masuk  ke Pura Mangkunegaran dengan akses satu pintu.


“Warga yang hendak melayat tidak perlu datang cukup memanjatkan doa,” jelasnya.
Pelaksana Tugas (Plt) Pengageng Kabupaten Mondropuro Mangkunegaran, Supriyanto Waluyo, menjelaskan upacara adat Jawa berlangsung di depan pendapa dengan brobosan yang dilakukan oleh keluarga. Jenazah dimakamkan di sebelah timur makam Mangkunegoro VIII.Sejak Hidup Beliau Pernah sakit jantung.
 

(Team)

Bagikan

RadarposTV