Pemerintah Mulai Salurkan Banpres Produktif Usaha Mikro, Alokasi Anggaran Capai Rp15,3 Triliun

Sabtu, 31 Juli 2021 : 07:19


Pemerintah Salurkan Banpres

Radar Pos.Com.Jakarta
– Bantuan sosial Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) mulai disalurkan kepada 12,8 juta pelaku usaha mikro dan kecil. Alokasi anggaran program tersebut mencapai nilai Rp15,3 triliun.


“Mulai dibagikan pada hari ini, kita berharap ini bisa membantu mendorong ekonomi kita semuanya,” ujar Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta pada Jumat (30/7/2021).


Pemberian BPUM, lanjut Presiden, sebagai langkah konkret pemerintah dalam mendukung pelaku usaha mikro dan kecil tetap bertahan di tengah terjangan pandemi. Sehingga, pelaku usaha di atas dapat tetap melakukan kegiatan produktif di tengah merebaknya wabah global COVID-19.


“Saya tahu bahwa bapak dan ibu semuanya sekarang ini pada kondisi yang tidak mudah, benar-benar sangat sulit tapi itu dirasakan oleh semuanya,” tuturnya.


Mayoritas pelaku usaha di dalam negeri mengalami kerugian yang signifikan semenjak pandemi merebak dalam kurun waktu beberapa tahun belakangan ini. Ditambah dengan diimplementasikan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat semakin terdampak.


Namun, kebijakan PPKM merupakan pilihan yang terbaik dibanding dengan penerapan kebijakan lockdown di negara lain. Dampaknya PPKM terhadap pelaku usaha di dalam negeri lebih kecil dibandingkan dengan kebijakan lockdown.


“PPKM itu namanya semi lockdown, ketika saya masuk ke kampung dan masuk ke daerah semua lapisan masyarakat menjerit minta untuk dibuka,” imbuhnya.

(R-01)
 

Bagikan

RadarposTV