Empat Desa di Karanganyar Tak Minta Bankeu Pembangunan Sarpras Tahun 2021

Sabtu, 26 Juni 2021 : 11:20



 


Kantor balai desa Harjosari Karangpandan

Radar Pos.com.Karanganyar---
Empat desa di Kabupaten Karanganyar yang tidak mengajukan bantuan keuangan (bankeu) pembangunan sarana prasarana Desa Tahun Anggaran 2021.
Kabid Administrasi Pembangunan Setda Karanganyar, Heru Joko Sulistiyono mengatakan, empat desa tersebut berada di 2 kecamatan.
 
“Desa Seloromo, Jenawi di Kecamatan Jenawi, Gempolan dan Tamansari di Kecamatan Kerjo,’’ kata Heru saat dihubungi, Kamis (24/6).


Heru menyebutkan alasan sejumlah desa tersebut tidak mengajukan bankeu pembangunan infrastruktur belum diketahui secara persis. Namun yang jelas pemberian anggaran program ini didasarkan pada pengajuan dari pihak desa


Disampaikan Heru, bankeu untuk pembangunan sarpras desa pada tahap pertama berjumlah Rp 47.619.500,00. Setiap desa akan memperoleh bankeu bervariasi. Secara rata-rata, menurut Heru, desa akan memperoleh bankeu sebesar Rp 300 juta.


“Digunakan untuk sarpras yang sifatnya konstruksi misalnya pengaspalan jalan, talut pembangunan gedung, atau mungkin untuk rehab kantor itu berarti,’’ kata Heru.Diungkapkan Heru, pekan depan gelombang pertama pengajuan bankeu akan disampaikan ke Badan Keuangan Daerah.


“Penyaluran dana dikirim ke rekening desa masing-masing. Dalam rangka percepatan pemberian bankeu. Kalau menunggu komplit semua desa memasukkan, kasihan desa yang rajin mengajukan sejak awal,’’ kata Heru.


Sementara itu, Kepala Desa Harjosari, Kecamatan Karangpandan, Sutarso menyampaikan, pihaknya memperoleh bankeu sarpras desa sebanyak Rp 165 juta.
“Untuk membiayai sejumlah perbaikan fasilitas desa seperti talut jalan dan gedung,’’ kata Sutarso saat dihubungi.

(Team)

Bagikan

RadarposTV