Pemkot Solo Siapkan SE: Tentang Sholat Idul fitri Di Masjid Saja

Sabtu, 01 Mei 2021 : 07:02


Walikota Solo Gibran Raka Buming Raka

Radar Pos.com.Solo
-- Pemerintah Kota (Pemkot) Solo tengah menyiapkan Surat Edaran (SE) Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat yang juga akan mengatur penyelenggaraan Salat Idulfitri, karantina, dan halalbihalal di masa pandemi Covid-19.


Rencananya, rapat untuk membahas substansi aturan akan dilakukan pada Senin (3/4/2021) mendatang.
 “Nanti hari Senin kami rapatkan, kami pertegas lagi SE nya untuk dua pekan ke depan. Aturan Salat Id, karantina, halalbihalal dan lain-lain,” ujar Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, saat diwawancarai wartawan, Kamis (29/4/2021) pagi.


Ia memberikan gambaran Salat Idulfitri saat Lebaran di Solo nanti dilakukan seperti ketika Salat Tarawih saat ini. Umat muslim bisa berjemaah di masjid masing-masing.


 “Salat Id di masjid kampung masing-masing. Sesuai yang sekarang Salat Tarawih. Di masjid kampung masing-masing diikuti warga setempat, ini untuk mengurangi penyebaran Covid-19,” katanya.
Selain soal Salat Idulfitri, SE baru nanti menurut Gibran juga akan mengatur tentang mudik Lebaran di Solo. Seperti diketahui baru-baru ini Gibran berpikir untuk membolehkan masyarakat untuk melakukan mudik di lokal wilayah Soloraya.


Tapi rencana membolehkan mudik lokal terganggu dengan tren kembali meningkatnya angka kasus Covid-19 di sejumlah wilayah Soloraya. Ia ingin melihat perkembangan angka kasus Covid-19 sebelum memutuskan tentang kebijakan mudik tersebut.


Gibran juga ingin berkomunikasi terlebih dulu dengan pimpinan daerah di Soloraya sebelum kebijakan diambil.

(R-01)

 

Bagikan

RadarposTV