Kapolda Jatim Irjen Nico Alfianto Meninjau Pos Pam dan Pasar

Minggu, 16 Mei 2021 : 07:01


Kapolda Jatim saat Tinjau di pos dan Pasar

Radar Pos.Com .Sidoarjo-
-Untuk mencegah penyebaran Covid-19 pasca Lebaran, Polda Jatim mendirikan pos di berbagai titik di wilayah Jatim. Sehari setelah Lebaran, Kapolda Jatim Nico Alfinta bersama pejabat utama Polda Jatim melakukan pengecekan di wilayah Pacet, Mojokerto, pada Jumat (14/5/2021).


Nico tidak hanya meninjau pos pengamanan, juga berkeliling ke tempat wisata dan pasar. Beberapa hal yang ditinjau adalah pengamanan protokol kesehatan serta kesiapan polres di berbagai wilayah untuk melakukan penyekatan.


”Saya melihat apa yang sudah dikerjakan seluruh petugas, di sini ada sinergitas, TNI, Polri, didukung Satpol PP maupun stakeholder lainnya dan unsur masyarakat,” papar Nico pada Jumat (14/5/2021).
Kawasan religi juga menjadi tujuan pengecekan. Kapolda meminta petugas per wilayah untuk menekankan protokol kesehatan dan meminta warga untuk jaga jarak. ”

Kesadaran masyarakat dibutuhkan dalam menangani covid ini. Jadi pada masa liburan ini tetap protokol kesehatan diutamakan. Ada tiga hal. Yang pertama adalah petugas. Yang kedua, pengelola tempat wisata maupun wisata religi, dan pasar, lalu yang ketiga masyarakat itu sendiri,” tutur Kapolda Jatim Nico Alfinta.


Menurut Nico, hal itu menjadi bagian penting dalam penanganan protokol kesehatan. Kesadaran masyarakat menjadi bagian penting atau bagian utama. Bersama-sama dengan petugas maupun pengelola tempat wisata Sali menjaga dan mengingatkan. Ayo mari jaga diri, jaga masyarakat dan jaga negara terkait dengan prokes ini. Mudah-mudahan Jawa Timur aman,” ucap Nico yang juga mantan Kapolda Kalsel itu.


Di Surabaya, Kepala Dinas Kesehatan Febria Rachmanita menjelaskan, sudah menyiapkan swab hunter. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19.


”Swab Hunter disebar ke berbagai titik. Tiap titik ada 5 orang,” jelas Febria Rachmanita.Tim Swab Hunter itu, ditugaskan untuk mengurai kerumunan sekaligus menambah jumlah testing. Bila ada yang dinyatakan positif, tracing akan langsung dilakukan.


”Ada 8 titik. Harapannya bisa mencegah penyebaran dan mengurangi kasus Covid-19,” terang Febria Rachmanita


(R-01)

 

Bagikan

RadarposTV