Kapolda Jateng Cek Pos Penyekatan Pemudik Menjelang Lebaran

Sabtu, 08 Mei 2021 : 06:32



Kapolda Jateng Saat Mengecek Pos Pam

Radar Pos.Com.Wonogiri
– Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi melakukan kunjungan ke Pos Pam Penyekatan di Jembatan Timbang Nambangan Kecamatan Selogiri, Jumat (7/5). Selain mengecek langsung kesiapan pos penyekatan yang ada di perbatasan Wonogiri dan Sukoharjo itu, Kapolda juga memerintahkanBhabinkamtibmas untuk aktif melakukan pendataan warga yang sudah pulang kampung sebelum larangan mudik diberlakukan.


 “Pak Kapolda mengecek langsung kesiapan petugas gabungan dari TNI/Polri dan instansi terkait. Personel dicek kelengkapannya dan kesehatannya. Dia juga berpesan agar personel yang bertugas menjaga kesehatannya,” ungkap Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing kepada wartawan di Wonogiri.


Menurutnya, Kapolda juga melakukan pengecekan di pos penyekatan, mulai dari panel data hingga perlengkapan personel yang melakukan penjagaan. Selain itu, Kapolda juga menekankan cara bertindak saat ada kendaraan yang dicurigai merupakan pemudik.


Selanjutnya, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, pengendara yang diduga mudik akan dirapid test antigen. Kapolda juga meminta penekanan soal pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro.


“Jadi, Bhabinkamtibmas diminta agar melakukan pendataan terhadap pemudik yang sudah pulang kampung sebelum larangan mudik diberlakukan. Semuanya didata lalu dilaporkan. Ini demi memetakan kondisi di lapangan,” jelasnya.


Dia menyebut, setiap ada pemudik yang datang, anggota kepolisian wajib melakukan 3T ( tracing, tracking dan treatment). Petugas harus bekerjasama dengan Satgas Penanganan Covid-19 di tingkat kecamatan dan desa.


Lebih lanjut Tobing menyebutkan pesan Kapolda yaitu, pos PPKM mikro harus dikuatkan. Pasalnya, Wonogiri merupakan salah satu kabupaten tujuan pemudik. Karena itu 3T akan dimaksimalkan di tingkat desa supaya tidak terjadi kasus terkonfirmasi positif Covid-19 saat momentum libur Lebaran.


“Prinsipnya kami dari kepolisian sudah siap melakukan itu. Namun kami juga tidak bisa bergerak sendiri. Anggota kami akan bekerjasama dengan Satgas di daerah supaya bisa menekan potensi ledakan kasus Covid-19 saat momentum lebaran.


(Team)
 

Bagikan

RadarposTV