20 Warga Sekampung di Sumber Solo Positif Covid-19 Waspada

Senin, 17 Mei 2021 : 07:17



Virus Klaster di Sumber Solo

Radar Pos.com.Surakarta
-- Satu dari 20 orang satu kampung di Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo, yang positif Covid-19 sejak Rabu (12/5/2021) harus menjalani perawatan di rumah sakit karena bergejala.


Sedangkan sisanya sebanyak 19 orang termasuk orang tanpa gejala atau OTG dan menjalani karantina di Asrama Haji Donohudan, Boyolali. Plt Lurah Sumber, Banjarsari, Solo, Supyanto, menceritakan 20 orang itu terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil tes PCR yang keluar pada Rabu (12/5/2021).


Hari itu juga 19 warga yang OTG dibawa ke Asrama Haji Donohudan untuk menjalani isolasi. Sedangkan satu orang dibawa ke RS DKT Slamet Riyadi Solo karena bergejala.
Selain 20 orang yang positif Covid-19 itu, sekitar 50 warga salah satu lingkungan wilayah Sumber, Solo, itu harus karantina mandiri di rumah. Supyanto menegaskan tidak ada karantina wilayah atau lockdown.


Akses masuk dan keluar lingkungan yang meliputi tiga gang itu tetap dibuka namun dijaga oleh Satgas Jaga Tangga dan karangtaruna. Supyanto mengatakan kebutuhan logistik 50-an warga yang menjalani karantina mandiri di rumah sudah dicukupi oleh pemerintah kelurahan.


"Tidak ada lockdown, akses tetap dibuka. Tetapi ada petugas dan karang taruna yang memantau. Logistik kami pastikan aman," kata Supyanto 


Warga satu kampung di Sumber Solo kena Vrus dan satu di Rawat di Rumah sakit

Menanggapi munculnya kasus positif Covid-19 yang cukup banyak dalam satu lingkungan wilayah Sumber itu, Satgas Penanganan Covid-19 Solo meminta warga berhati-hati dengan munculnya klaster baru virus Corona. Hal itu terutama dari aktivitas kumpul-kumpul keluarga saat Lebaran.


Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Solo, Ahyani, mengatakan lingkungan tersebut berupa klaster dengan kamar mandi komunal. “Infonya lingkungan rumah model klaster, satu lingkungan kebetulan satu RT. Rumah ukuran kecil dengan MCK komunal, ya mungkin potensinya di situ. Informasinya mereka juga sempat buka bersama,” katanya kepada wartawan, Minggu (16/5/2021).


Sementara itu, berdasarkan data pada Minggu (16/5/2021), kumulatif jumlah kasus positif Covid-19 Kota Solo mencapai 10.804 orang. Perinciannya, 10.009 orang sembuh, 204 orang isolasi mandiri, 58 orang rawat inap, dan 529 meninggal dunia. Total kasus aktif 262 orang.


Satgas berupaya menekan jumlah kasus Covid-19 agar pembelajaran tatap muka (PTM) bisa dilaksanakan sesuai rencana mulai Juli. Sekretaris Daerah (Sekda) Solo itu mengaku segera memperketat aturan termasuk pemetaan zona berdasarkan risiko penularan

(Team)

 

Bagikan

RadarposTV