Ramadan 1442 H : Masjid Di Karanganyar Boleh Gelar Tarawih Berjemaah Tetap Terapkan Prokes

Kamis, 01 April 2021 : 08:23


 

Masjid Siap menjadi tempat terawih tahun ini

Radar Pos.Com.Karanganyar-
– Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengizinkan setiap masjid di Bumi Intan Pari menggelar tarawih berjemaah pada Ramadan kali ini. Dia pun mengimbau masyarakat menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.


Beberapa hal yang menjadi sorotan adalah masker, tempat cuci tangan maupun hand sanitizer, membawa sajadah sendiri, dan menata jarak.


"Tempat-tempat ibadah dipersiapkan dengan baik. Silakan dipergunakan sebaik mungkin. Justru di tengah situasi ini jauh lebih khusyuk. Tentu harus memperhatikan prokes. Ini edukasi yang aplikatif, bagus. Jemaah hanya 50% dari kapasitas itu esensinya jaga jarak. Datang ke masjid harus bersih, wudu, dan lain-lain. Ceramah tidak perlu terlalu lama. Selesai segera pulang," ungkap dia saat berbincang dengan wartawan, Rabu (31/3/2021)

.
Pada Ramadan kali ini Pemkab Karanganyar juga akan menggelar tarawih keliling (tarling) di 17 masjid yang tersebar di 17 kecamatan.Tetapi, Bupati Karanganyar, Juliyatmono, hanya memperbolehkan tim dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar saja yang menyelenggarakan tarling. Pemerintah kecamatan dan desa, kata Bupati, tidak diperbolehkan menyelenggarakan tarawih keliling.


Bupati Karanganyar Drs,Juliatmono, MM

"Saya akan tarling terbatas. Roadshow tarling terbatas. Rombongan saya sedikit. Hanya ke 17 kecamatan di tempat yang sudah disiapkan. Tarling di desa dan kecamatan jangan. Biar [tarling] di masjid masing-masing saja," kata Bupati.


Yuli—sapaan akrab Bupati Karanganyar—juga mempersilakan masyarakat melaksanakan iktikaf di masjid. Tetapi, dia menyarankan masyarakat melaksanakan iktikaf di rumah masing-masing.
"Iktikaf di masjid boleh kalau prokes terjaga dengan baik. Pengawasan dikembalikan mengacu PPKM Mikro. Kalau di RT itu tidak ada kasus ya silakan. Tetapi kalau ada kasus Covid-19 ya perlu diperhatikan

(R-01)

 

Bagikan

RadarposTV