Musabaqoh Tahfidhul Qur'an (MTQ) Tahun 2021 M

Kamis, 29 April 2021 : 07:09



Saat Penyerahan Hadian

Radar Pos.Com.Sukoharjo
-- Dalam rangka menyemarakan Bulan Ramadhan, Panitya Regenge  Ramadhan ing Makamhaji  (PR2iM) 1442 H / 2021 M, yang didukung oleh Pemerintah Desa Makamhaji, Kecamatan Kartasura, LP2A, IPHI, BKM, AMMI dan Masjid se-Makamhaji, mengadakan beberapa kegiatan salah satu diantaranya Musabaqoh Tahfidhul  Qur'an (MTQ), lomba menghafal Al Quran Juz ke 30 santri TPQ Se-Makamhaji yang berumur maksimal 12 tahun pertanggal 25 April 2021. 

Ketua Panitia H. Juwadi, SPdI, MPdI., melaporkan MTQ diselenggarakan pada hari Ahad, 13 Ramadhan 1442 H / 25 April 2021 M, pukul 07.30 - 11.45 WIB bertempat di Gedung Balai Desa Makamhaji, Kartasura, diikuti oleh 34 peserta, 16 putra dan 18 putri, untuk dewan juri 3 ustadz dan 3 ustadzah dari Badko LPQ Kartasura, kegiatan MTQ dibuka Ketua LP2A Dr. H. Anwar Hamdani, MM, MHum.


Anwar Hamdani dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan MTQ yang diselenggarakan setiap tahun diharapkan ada tindak lanjut, yaitu para santri setelah hafal Al Quran juz ke 30 diharapkan untuk ditingkatkan, yaitu hafal juz sebelumnya. Untuk mewujudkan Kampong Qur’ani menjadi tanggung jawab bersama, yaitu LP2A, IPHI, BKM dan AMMI untuk membudayakan membaca Al-Quran dengan program One Daya One Juz.  IPHI dan BKM hendaknya bekerjasama untuk merumuskan pemberian bantuan belajar bagi yang hafal beberapa juz, sehingga mereka bisa lebih fokus untuk menghafalkan Al Quran.


Dr .H.Anwar Hamdani,MM,M.Hum

Agus Purwanto, S.E., Kepala Desa Makamhaji merasa senang dan bangga ternyata banyak sekali anak-anak di bawah umur 12 tahun sudah hafal Al-Quran Juz ke-30. Kepala Desa berharap, kegiatan MTQ hendaknya diselenggarakan secara rutin, harapan kami Makamhaji menjadi Desa penghafal Al Qur’an terbanyak di Kabupaten Sukoharjo.

HASIL MTQ
Putra; Juara I Habibulloh Al Khouf dari TPQ Masjid Al Fajr, Tirisan,  Juara II Tegar Ar Rayhan Tamaam dari TPQ Masjid al Bayan, Gobayan, Juara III Dzaky Abid Al Faruq dari masjid As Shofiah, Widororejo. Putri; Juara I Azalia Zahira Hasan dari TPQ Masjid As Shofiah, Widororejo, Juara II Hasna Ara Firdausi dari TPQ Masjid Al Furqon, Karanglor, Juara III ATIKAH dari TPQ Masjid Abu Bakar Assiddiq, Gobayan. Juara I memperoleh sertifikat dan uang pembinaan Rp. 500.000,00 Juara II memperoleh sertifikat dan uang pembinaan Rp. 400.000,00 Juara III memperoleh sertifikat dan uang pembinaan Rp. 300.000,00 untuk Juara Harapan I dan II diberikan sertifikat dan uang pembinaan masing-masing Rp. 250.000,00 panitia juga memberikan sertifikat dan uang saku @ Rp. 100.000,00 kepada setiap peserta.


Gatot Wahyudi, SH, MH., selaku Ketua Badan Kesejahteraan Masjid menuturkan, kegiatan MTQ harap dipertahankan, karena menjadi sarana dakwah dan lomba serta memotivasi para santri TPQ untuk menghafalkan Al-Quran. Para takmir masjid diharapkan memberikan perhatian khusus kepada para jamaah masjid yang telah berhasil hafal beberapa juz, dan mempersiapkan para santrinya untuk mengikuti MTQ pada tahun yang akan datang.


Sambutan panitia MTQ

Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Ranting Makamhaji Drs. H. Mudzakir mengajak kepada para jamaah haji yang jumlahnya hampir 700 untuk peduli terhadap para santri / jamaah dalam rangka mewujudkan Makamhaji Desa Qur’ani, yaitu setiap penduduk Makamhaji yang beragama Islam dapat membaca Al-Quran. Ketua AMMI (Aktifitas Muda Mudi Islam Makamhaji) Diar Dwi Abrianto, S.Tr.Sos akan melanjutkan program MTQ yang sudah berjalan beberapa tahun.

(R-01)
 

Bagikan

RadarposTV