Kerjasama Samsat dan Bukopin Tentang Pembayaran Kendaraan Bermotor

Jumat, 23 April 2021 : 07:09


Bank Bukopin saat Kerja sama.

Radar Pos.Com.Surabaya
---Bank KB Bukopin tandatangani perjanjian kerjasama dengan Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Timur (Bapeda Jatim), bersama Direktorat lalu Lintas Polda Jatim, dan PT Jasa Raharja (Persero) untuk melakukan kerjasama layanan e-Samsat. Yaitu pembayaran pajak kendaraan bermotor secara non tunai di wilayah Jatim.


"Dalam kesempatan ini, kerjasama di bidang digital seperti sekarang, merupakan kesempatan yang menggambarkan bahwa KB Bukopin terus melebarkan pangsa pasar di bidang E-Channeling," jelas Rivan A Purwantono Presiden Direktur Bank KB Bukopin.


Sampai saat ini KB Bukopin sudah bekerjasama dan dapat memfasilitasi lebih dari 180 biller yang tersebar di berbagai wilayah. Termasuk di antaranya masyarakat yang ingin melakukan pembayaran tagihan listik, tagihan pembayaran air, pembayaran tagihan telepon, dan lain sebagainya.


"Semua bisa melalui Bank KB Bukopin. Jika dulu pemilik kendaraan harus datang ke kantor SAMSAT (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) untuk mengurus perpanjangan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), kini prosedur tersebut sudah bisa dilakukan secara online melalui e-Samsat,’’ ujar Rivan.
Kerjasama layanan E-Channeling pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) wilayah Jatim, nantinya akan mencakup di berbagai wilayah. Di antaranya adalah Surabaya, Sidoarjo, Malang, Tuban, Mojokerto, Madura, Jember, Gresik, Madiun, dan Kediri.


Dalam penandatanganan kerjasama layanan E-Samsat tersebut, pihak pertama diwakili oleh, Mohammad Yasin, Kepala Bapeda Jatim, bersama Kombes (Pol) Latif Usman dari Dirlantas Polda Jatim, dan Suhadi, Kepala PT Jasa Raharja Cabang Jatim.


Pihak kedua,Bank KB Bukopin diwakili oleh Bambang Widyatmoko, Senior Vice President Businness Regional 4. Kegiatan dihadiri President Director KB Bukopin, Rivan A Purwantono, Chief Srategic Officer, Ji Kyu Jang, Chief Risk Officer, Jong Hwan Han, dan Vice President Independent Commissioner, Sapto Amal Damandari.


Dalam acara  Kerjasama tersebut hadir juga perwakilan dari Dirlantas Polda Jawa Timur, Kasubdit Redigent Polda Jatim, AKBP Adhitya Panji Anom, S.I.K, Kepala Bagian Asuransi Jasa Raharja Cabang Surabaya, Dicky Syiwa Permadi, Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Bapenda, Sungging Purwokoadi.


Dengan adanya penandatanganan kerjasama ini maka, e-samsat ini diharapkan akan semakin banyak transaksi terkait pembayaran pajak bermotor. Dengan sistem yang terintegrasi antara KB Bukopin dan Samsat Jatim, diharapkan bisa mengefisiensikan waktu pelayanan.


“Mudah-mudahan dengan adanya kerjasama ini kami dapat mempercepat dan mempermudah proses pelayanan dan pembayaran bagi para masyarakat dan semua pihak yang terlibat," jelas Rivan.
Sementara itu, Sudiro, perwakilan Bapenda Jatim, menyatakan, adanya kerjasama E-Channeling ini sangat membantu bagi seluruh kalangan yang terlibat.


"Baik itu petugas dan masyarakat dalam melakukan kewajiban membayar pajak kendaraan bermotor. Apalagi dengan pandemi yang sampai saat ini belum hilang, pembayaran dengan mekanisme online sangat dibutuhkan demi menjaga protokol kesehatan," ungkap Sudiro.

(*)
 

Bagikan

RadarposTV