Empat Pejabat Pemkab Bertarung Untuk Posisi Sekda Sukoharjo.

Sabtu, 10 April 2021 : 07:20


Ketua Panitia Dr.Anwar Hamdani, SH, SE,MM,M.Hum

Radar Pos.com.Sukoharjo
-- Setelah adanya lelang Jabatan kini ada Empat pejabat eselon II Pemkab Sukoharjo bersiap bersaing memperebutkan posisi jabatan Sekretaris Daerah atau Sekda Sukoharjo.
Keempat pejabat itu dinyatakan lolos seleksi administrasi pada bursa seleksi calon Sekda pada Jumat (9/4/2021). Selanjutnya keempat pejabat tersebut akan mengikuti tahapan uji kompetensi pada Rabu-Kamis (14-15/4/2021).


Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Sekda Sukoharjo Anwar Hamdani mengatakan ada empat calon yang memasukkan berkas lamaran pada bursa calon Sekda. Mereka yakni Kepala Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Abdul Haris Widodo.


Kemudian Kepala Satpol PP Heru Indarjo, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) RM Suseno Wijayanto, dan Asisten II Setda Widodo. Keempat pejabat yang akan mengikuti seleksi calon Sekda itu semuanya merupakan aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Sukoharjo.


Kantor Kabupaten Sukoharjo yang Megah

"Hari ini bertempat di ruang sidang Satya Graha, Pansel mengadakan rapat pleno untuk verifikasi dan seleksi administrasi pelamar Sekda. Hasil seleksi administrasi dari semua pelamar, semuanya lolos," kata Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Sekda Sukoharjo Anwar Hamdani, kepada media.


Pansel telah melakukan penelitian dan verifikasi berkas mengacu pada persyaratan yang telah ditetapkan. Dari hasil seleksi, semua peserta memenuhi syarat dan lolos persyaratan administrasi.


Uji Kompetensi
Tahapan selanjutnya pejabat yang ikut  seleksi calon sekda Sukoharjo akan mengikuti uji kompetensi. Untuk penyelenggara uji kompetensi, Pansel bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.


Ketua Team Leader Uji kompetensi, Tuhana, mengatakan uji kompentensi calon Sekda akan dilaksanakan pada Rabu-Kamis (14-15/4/2021). Uji kompetensi ini meliputi kompetensi manajerial, kompetensi bidang, dan kompetensi sosio-kultural.


Pansel akan bekerja sesuai aturan yang ada, yaitu mengacu UU No 5/2014 tentang ASN dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara Dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB) No. 15/2019 tentang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) secara terbuka dan kompetitif.


Dalam melaksanakan seleksi, Pansel akan bekerja secara objektif, transparan, profesional, dan akuntabel. Bupati Sukoharjo Etik Suryani menyatakan tidak akan mencampuri proses seleksi Sekda, sepenuhnya ia serahkan ke pansel.


Etik mengatakan setiap peserta seleksi memperoleh peluang dan kesempatan yang sama, karena pansel yang terdiri lima personel akan bekerja secara objektif dan profesional. "Pansel akan melaksanakan seleksi sesuai aturan yang ada,"

(R-01).

 

Bagikan

RadarposTV