Rencana Jalan Gatot Subroto Solo akan dijadikan Seperti Malioboro

Selasa, 30 Maret 2021 : 06:52



 

Jl Gatoto Subroto Solo yang akan dibuat seperti Maliboro

Radar pos.com.Solo
- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berkesempatan mengunjungi Taman Balekambang, Sabtu (27/3). Dalam kunjungannya ini, Basuki bernostalgia dengan tempat tersebut karena saat muda, dirinya sering menyempatkan mampir ke Taman Balekambang saat ditugaskan ke Solo.

Dia mengingat momen itu terjadi sekitar tahun 1980 hingga tahun 1984, saat dirinya sering ditugaskan ke Gemolong, Sragen dan Wonogiri. "Kalau habis pulang tugas ke Sragen dan Wonogiri nginepnya di Solo. Pasti saya menyempatkan diri nonton Srimulat di sini (Balekambang)," katanya.

Saat ini Basuki juga mengemban tugas khusus dari Presiden Joko Widodo untuk membuat pusat kebudayaan Jawa di Taman Balekambang. "Makanya saya ingin menterjemahkan perintah itu. Sekarang saya sedang cari rohnya apa," katanya.

Menurutnya untuk membangun gedung-gedung dirasa mudah. Namun dirinya ingin menterjemahkan perintah Presiden Jokowi secara baik. "Makanya harus hati-hati betul menterjemahkan perintah beliau (Jokowi)," katanya.

Menurutnya taman peninggalan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara VII ini merupakan ruang terbuka untuk masyarakat. Tempat ini sudah dibangun pada 1921 lalu.

"Merevitalisasinya pun harus hati-hati. Tidak mungkin kita mengubah kawasan botanical yang sudah luar biasa ini," katanya.
Ia merencanakan akan mulai merevitalisasi pada tahun depan. Pembangunannya pun harus dilakukan dengan rasa. "Kalau bikin jembatan atau jalan tol pasti lebih gampang," katanya.

Untuk revitalisasinya akan melibatkan para budayawan. Sehingga saat dibangun nanti semua sesuai dengan harapan. "Kalau bicara budaya memang tidak mudah," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka juga turut serta mendampingi Basuki saat berkunjung ke Taman Balekambang. Menurutnya untuk membicarakan lebih lanjut terkait rencana revitalisasi Taman Balekambang perlu persiapan matang. "Iya nantilah. Ini baru kunjungan pertama. Nanti saja," katanya.

Selain berkunjung ke Taman Balekambang, Basuki juga meninjau pembangunan Pasar Legi dan melihat kawasan Ngarsopuro serta Jalan Gatot Subroto Solo. Rencananya Ngarsopuro dan Jalan Gatot Subroto akan dijadikan seperti kawasan Malioboro Jogyakarta.
 

(team)

 

Bagikan

RadarposTV