Remaja Asal Jiwan Madiun Jadi Dalang Bocah Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2020

Jumat, 12 Maret 2021 : 06:49


Nabil Juara Dalang tingkat Nasional Tahun 2020

Radar Pos.Com.Madiun--
Nabil Ekri Rasfadillah Erlambang, 15, seorang remaja dari Desa Sambirejo, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun, berhasil mendapatkan predikat dalang terbaik dalam Festival Dalang Bocah Tingkat Nasional 2020. Nabil berhasil menyisihkan sejumlah peserta lain dari berbagai daerah di Indonesia.


Nabil merupakan siswa kelas VIII SMPN 2 Madiun. Remaja itu berhasil mendapatkan predikat terbaik dalam festival tersebut untuk kelompok kategori B (usia 12-15 tahun). Festival yang diselenggarakan pada 7-16 November 2020 itu sendiri diselenggarakan oleh Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Pusat.


Saat ditemui di rumahnya, Kamis (11/3/2021) pagi, Nabil sedang berlatih wayang di rumahnya. Satu set wayang kulit beserta satu set gamelan terlihat menghiasi rumah sederhana tersebut.


Nabil mengaku senang akhirnya bisa meraih prestasi sebagai dalang cilik terbaik tingkat nasional. Sebelum meraih prestasi di tingkat nasional, Nabil terlebih dahulu meniti karier di dunia pewayangan sebagai penggendang. Sejak kelas II SD, Nabil sudah diperkenalkan oleh kedua orang tuanya di musik karawitan.


“Saya kelas II SD sudah meraih juara harapan tiga di tingkat Kota Madiun, juara harapan satu saat kelas III SD, dan kelas IV SD kembali meraih juara harapan satu di tingkat Kota Madiun,” kata dia.
Masuk di kelas V, Nabil kemudian mampu meraih juara pertama sebagai dalang bocah. Karena menjadi yang terbaik di tingkat kota, Nabil kemudian mewakili Kota Madiun di ajang serupa di tingkat Provinsi Jawa Timur. Pada 2019, remaja itu menjadi yang terbaik sebagai dalang bocah dan mewakili Jawa Timur di ajang serupa tingkat nasional.


Keluarga Seniman
Berbicara soal kemampuan dalangnya, darah Nabil memang terlahir dari keluarga seniman pewayangan. Neneknya seorang pesinden dan kakeknya seoran
g dalang yang cukup terkenal di Madiun.


Lantaran masih pandemi Covid-19, remaja Madiun itu mengikuti Festival Dalang Bocah Tingkat Nasional 2020 secara virtual. Anak pertama dari pasangan Rudi Erlambang dan Eni Lestari ini melakukan perekaman di RRI Madiun dan kemudian video tersebut dikirimkan ke panitia.


Dalam ajang tersebut, kata Nabil, dirinya membawakan lakon Tali Brangta. Kisah ini menceritakan tentang pengorbanan seorang ibu yang melarang putranya agar mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Setelah dewasa, sang putra akhirnya tumbuh menjadi ksatria yang tangguh. Bahkan mampu mengalahkan ksatria lain dari kalangan ningrat. “Saat itu saya membawakan lakon Kunti dan Karna,” jelas dia.


Dia mengaku membutuhkan waktu sebulan penuh untuk mempersiapkan dalam mengikuti kompetisi tersebut. Salah satu bagian tersulit adalah saat menghafal naskah dan mempelajari para tokoh di lakon pewayangan itu. “Kan harus menghafal satu per satu suara tokohnya. Paling sulit ya suara wayang wedok [perempuan],

(R-01)
 

Bagikan

RadarposTV