Presiden Jokowi, Puan, Hingga Anies Baswedan Ikut Mengucapkan Berduka Atas Meninggalnya Habib Hasan Solo

Jumat, 12 Maret 2021 : 18:01


 

Pemakamn Habib Hasan

Radar Pos.Com.Solo-
- Kepergian tokoh masyarakat Solo yang juga politikus PPP, Habib Hasan Mulachela, pada Jumat (12/3/2021) pagi, meninggalkan duka mendalam bangsa Indonesia.


Hal itu terlihat dari banyaknya karangan bunga ucapan belasungkawa yang dikirim tokoh-tokoh nasional. Pantauan Solopos.com di rumah duka, Jl Kiai Mojo, Pasar Kliwon, Solo, Jumat siang, karangan bunga ucapan belasungkawa berdatangan. Bahkan ada karangan bunga dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan keluarga.


Ada juga karangan bunga dari Ketua DPR RI Puan Maharani, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin, Menteri Sekretariat Negara Pratikno, Menpan-RB Tjahjo Kumolo, serta Wali Kota dan Wawali Solo, Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa.


Selain mereka masih banyak karangan bunga ucapan belasungkawa dari sejumlah tokoh daerah dan nasional yang memenuhi halaman rumah Habib Hasan di Solo.


Namun hingga pukul 15.10 WIB jenazah Habib Hasan masih dalam perjalanan dari Jakarta. Perkiraannya, jenazah laki-laki yang dikenal dermawan itu tiba di rumah duka Pasar Kliwon sekitar pukul 16.00 WIB.


Sedangkan pemakaman jenazah akan dilakukan Jumat malam. Kader PPP Solo, Imron Supomo, menuturkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, juga melayat jenazah Habib Hasan di Jakarta.
Suka Bagi-Bagi Sembako


Anies ikut mengantarkan keberangkatan jenazah Habib Hasan dari Jakarta ke Solo. "Iya, Pak Anies ikut melayat di Jakarta," tutur Imron melalui Whatsapp (WA).


Setahu Imron, seniornya di PPP itu memang mempunyai hubungan yang baik dengan Anies Baswedan. Ketika menjabat Menteri Pendidikan pada era Presiden Jokowi, Anies beberapa kali berkunjung ke rumah Hasan di Pasar Kliwon Solo

.
Anies juga datang saat Hasan menikahkan anaknya pada pertengahan 2020 lalu. "Setahu saya beliau dekat Anies," urainya.


Karangan Bunga dari Presiden Jokowi

Seperti diberitakan sebelumnya, Habib Hasan Mulachela meninggal dunia di rumah sakit (RS) di Jakarta, Jumat (12/3/2021) sekitar pukul 06.50 WIB. Hasan sedang ada agenda atau kegiatan di Ibu Kota sehingga berada di Jakarta.


Namun Tuhan YME lebih dulu memanggil laki-laki yang selama ini dikenal dermawan tersebut. Salah seorang putri Hasan Mulachela, Kareema, menyampaikan kabar duka tersebut kepada awak media Solo melalui pesan voice note.


Tapi Kareema tak menyebutkan penyebab meninggalnya laki-laki yang pernah menjadi anggota DPRD Solo dari PPP tersebut. Hasan selama ini diketahui kerap melakukan aksi sosial membagi-bagikan bantuan sembako kepada warga miskin Kota Solo dan daerah lain seperti di Surabaya .

(R-01)

 

Bagikan

RadarposTV