Pertunjukan Seni Budaya Wayang Orang dan Kethoprak Adalah Kebanggaan Warga Kota Solo

Jumat, 12 Maret 2021 : 20:16



Inilah Perlambang Orang Jawa

Radar Pos.com.Solo
--Di Kota Solo saat ini hanya ada Dua Pertunjukan Seni Budaya yang masih Exsis digelar yaitu " KETHOPRAK dan WAYANG ORANG, dimana Pertunjukan Hiburan Seni Budaya ini merupakan satu - satunya di seluruh Indonesia yang Digelar setiap Hari.


 Untuk Wayang Orang selama ini, Ketika Negeri Ini dilanda Bencana Pandemi Covid 19 lalu beberapa waktu sempat berhenti dan diselenggaran Pentas secara Live Streaming atau Virtual. lalu  Selang beberapa waktu ini sudah mulai Pentas lagi dengan Memperbolehkan Penonton melihat secara langsung didalam Gedung Pertunjukan, Walau tidak Setiap Hari diselenggarakan serta Wajib Mematuhi  Protokol Kesehatan yang Ketat di dalam Gedung selama Pertunjukan berlangsung.


Demikian juga dengan  Pertunjukan Kethoprak juga Sempat Berhenti pentas dan Disiarkan secara Live Streaming atau Virtual.


Sekarang sudah mulai Bangkit dengan Melakukan Pertunjukan dan Penonton diperbolehkan melihat secara Langsung di dalam Gedung dengan  menerapakan Protokol Kesehatan yang Ketat demi Kesehatan dan Kenyamanan seluruh Penonton di dalam Gedung Pertunjukan.


Wayang Orang dan Kethoprak adalah Dua Pertunjukan Seni Budaya Kota Solo yang sudah Puluhan Tahun ada, dan Selalu di Selenggarakan sebagai Hiburan Malam Hari bagi warga Kota Solo dan luar Kota solo bahkan Dua Pertunjukan ini sangat Terkenal di Seluruh Indonesia bahkan Masyatakat Dunia Intenasional.


Wayang Orang dan Kethoprak juga menjadi Kebanggan Warga Kota Solo dan salah satu Icon Kota Solo di Bidang Seni Budaya serta  Merupakan Produck Unggulan di sektor Pariwisata.


Oleh karena itu dalam rangka Pelestarian dan Nguri - uri Dua Seni Budaya tersebut maka  Pemerintah Daerah kota Solo Provinsi dan Pusat Wajib melakukan terobosan-terobosan dan Perhatian Khusus agar Dua Seni Budaya kota solo yang merupakan Hiburan Murah meriah bagi Warga Kota solo  dan warga daerah lain tersebut tetap Exis, Abadi dan Lestari Selamanya tidak hilang diterjang masuknya  Budaya-budaya asing yang justru akan Menggerus dan Menghancurkan bahkan Sampai Menghilangkan Seni Budaya bangsa kita di masa yang akan datang secara Pelan namun Pasti.


Sebagai Warga Kota Solo sudah merupakan Kewajiban untuk Turut berperan serta Melestarikan dan Selalu Menjaga Seni Budaya Wayang Orang Dan Kethoprak sebagai Wujud Kecintaan kita kepada Seni Budaya Milik Bangsa dan merasa turut  Handarbeni Dua Icon Seni Budaya Kebanggan warga kota solo tersebut .


 Budaya Adalah Roh Sebuah Bangsa dan  Negara., Penghancuran Sebuah Bangsa Dan Negara Yang Paling Mudah Adalah Dengan Menghancurkan Budaya.


 Seni Budaya Bangsa Indonesia adalah Seni Budaya Terbaik di Bumi yang Adi Luhun Salam Seni Budaya Bangsa Indonesia Tetap Lestari Selamanya.”
Oleh: BRM.Kusumo Putro SH.MH

(R-01)

 

Bagikan

RadarposTV