Kerjasama DKP Jatim dengan FPK Unair Surabaya

Minggu, 07 Maret 2021 : 08:36


Suasana Saat Melakukan Kerja sama antara DKp dengan Unair

Radar Pos.Com.Surabaya
--Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan Prof. Dr. Mirni Lamid MP., Drh ; Wakil Dekan 3, Ir. Wahju Tjahjaningsih M.Si ; Dwitha Nirmala S.Pi., M.Si temui Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Timur, Ir. Mohammad Gunawan Saleh, MM untuk jalin kerjasama melalui penandatanganan perpanjangan Perjanjian Kerja Sama.

 Kerja sama Perguruan Tinggi ini memiliki tujuan untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, kreativitas, inovasi, mutu, produktivitas dan relevansi pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi agar dapat meningkatkan daya saing bangsa.


Kepala DKP Jatim Ir. Muhammmad Gunawan Saleh menyambut hangat kunjungan pimpinan FPK UNAIR.karena dengan adanya kerjasama ini DKP sangat terbantu dengan para pemagang dan dapat saling bertukar pendapat dengan mahasiswa sehingga dapat memunculkan inovasi dan ide baru untuk budidaya ikan. 


 “ Saya berterima kasih kepada DKP yang telah bersedia menerima mahasiswa FPK untuk magang atau praktik kerja lapang di unit pengelola budidaya maupun di laboratorium di bawah wewenang DKP” , tutur Dekan FPK Unair Prof. Dr. Mirni Lamid MP., Drh. 


Kepala Dinas DKP juga menyampaikan ,“Laboratorium yang dapat digunakan untuk magang, seperti UPT Laboratorium Kesehatan Ikan dan Lingkungan (UPT PBAT Umbulan Pasuruan) yang sudah melakukan domestikasi ikan lokal Jawa Timur sebanyak 14 jenis dengan produksi ikan lokal sebesar 10.820.000 ekor dan restocking ke alam sebesar 6.512.000 ekor. UPT Laboratorium Keskanling sebagai pusat pengembangan ikan lokal Jawa Timur layaknya bank ikan local Jatim. 

Semoga dengan Kerja sama ini bisa bermanfaat kepada warga masyarakat

Beliau juga menyampaikan keberhasilan Instalasi Budidaya Air Payau (IBAP) Prigi Trenggalek, Jawa Timur dalam budidaya udang vannamei dengan teknologi Bioflok. Harapan beliau, tugas akhir (skripsi) mahasiswa bisa di-share ke Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur untuk dikembangkan sehingga tidak berhenti di Fakultas saja tapi dapat bermanfaat bagi masyarakat.”


Pada kesempatan itu, Dekan FPK mengundang Kepala DKP, Ir. Mohammad Gunawan Saleh, MM sebagai keynote speaker dalam Seminar Internasional (International Conference on Fisheries and Marine Sciences) yang rutin diselenggarakan setiap tahun.
 
“saya berharap perjanjian kerja sama ini dapat meningkatkan produksi perikanan yang berkelanjutan melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat dalam rangka mengembangkan sumber daya manusia dan penerapan teknologi di bidang perikanan”, imbuh Dekan FPK Unair.

(M.Aqtoris)
 
 

Bagikan

RadarposTV