Giat Padat Karya DKP Jatim Bidang Tangkap Di UPT PPP Pondokdadap

Minggu, 07 Maret 2021 : 09:08

 

Saat Kerja Bhakti Pentingnya Menjga kebesihan

Radar Pos.com.Surabaya
--Dalam rangka memberikan sosialisasi mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan pelabuhan perikanan kepada masyarakat pesisir, Bidang Perikanan tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Timur melaksanakan giat padat karya di lingkungan Unit Pelaksana Teknis Pelabuhan Perikanan pantai (UPT PPP) Pondokdadap.

 Giat padat karya merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian kegiatan padat karya yang dilaksanakan oleh Bidang Perikanan Tangkap di seluruh Pelabuhan Perikanan Pantai yang ada di Provinsi Jawa Timur. Kegiatan ini melibatkan sebanyak enampuluh sembilan orang masyarakat yang terdiri dari nelayan, pengguna jasa, dan masyarakat sekitar yang sehari – hari beraktivitas di lingkungan Pelabuhan Perikanan  Pantai Pondokdadap.
 
Sedari pagi masyarakat sudah dikumpulkan di depan gedung Sarana Produksi Perikanan (Saprokan) UPT PPP Pondokdadap dimana masyarakat diberikan bantuan berupa alat – alat kebersihan dan merchandise oleh panitia, dan dilanjutkan dengan pemberian arahan oleh Bapak Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPT PPP Pondokdadap. 


“Dalam kegiatan ini, tim kebersihan dibagi menjadi dua, yakni tim yang melaksanakan kebersihan di kawasan darat, dan tim yang melaksanakan kebersihan di kawaasan laut (kolam labuh). Tim kebersihan darat bertugas untuk membersihkan ruas – ruas jalan dan lingkungan disekitar perkantoran UPT PPP Pondokdadap baik dari sampah, maupun dari tumpukan debu dan pasir yang dapat mengganggu aliran air disepanjang jalan kawasan UPT PPP Pondokdadap. 

Selain itu, tim juga dikerahkan untuk memeriksa drainase dan membersihkannya apabila ditemukan material yang dapat menghambat aliran air di dalam drainase. Sementara tim kebersihan laut bertugas untuk menjaring sampah yang berada di permukaan air disekitar kawasan kolam labuh, agar sampah tersebut dapat dibawa ke darat dan tidak mencemari perairan’’, penjelasan Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPT PPP Pondokdadap.
 

Program Padat Karya DKP Propinsi Jatim

Kegiatan padat karya ini merupakan salah satu wujud dukungan DKP Provinsi Jawa Timur akan pentingnya menciptakan lingkungan pelabuhan perikanan yang bersih dan nyaman. Kegiatan ini juga mendukung upaya UPT PPP Pondokdadap di dalam mewujudkan tata kelola Ecofishingport yang mendukung upaya kebersihan dan kelestarian lingkungan yang seimbang dengan upaya pembangunan dan pemanfaatan lingkungan pelabuhan perikanan.


“Kami berharap lingkungan pelabuhan perikanan bersih dan nyaman sehingga jauh dari kesan masyarakat yang kotor, kumuh dan bau sehingga masyarakat akan berbondong bondong untuk pergi ke pelabuhan perikanan daripada pergi ke supemarket untuk membeli ikan”,imbuh Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPT PPP Pondokdadap.

(Ris)
 

Bagikan

RadarposTV