Pelantikan Walikota dan Wakil walikota Solo akan di Kawal Paspamres tanggal 26 Di Balai Tawangarum

Sabtu, 20 Februari 2021 : 06:40


Pasangan Pemimpin Solo yang masih Muda

Radar Pos.Com.Surakarta—
Tanggal pelantikan Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa atau Gibran-Teguh sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo sudah ditetapkan. Pelantikan bakal berlangsung Jumat (26/2/2021) di Balai Tawangarum Kompleks Balai Kota Solo.


Prosesi pelantikan rencananya secara virtual karena menerapkan protokol kesehatan. Tamu undangan pelantikan terbatas hanya 25 orang termasuk Gibran-Teguh, unsur Forkopimda, dan DPRD.


Pelaksana harian (Plh) Wali Kota Solo, Ahyani, mengaku sudah menerima pemberitahuan terkait pelantikan tersebut dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah.


“Sudah ada pemberitahuan dari Provinsi Jateng untuk geladi bersih dan diagendakan acaranya. Rencana [pelantikan] 26 Februari 2021, virtual,” katanya mengenai pelantikan Gibran-Teguh kepada wartawan di Solo, Jumat sore.


Sebelumnya sempat beredar kabar pelantikan bupati/wali kota terpilih hasil Pilkada serentak 2020 yang diikuti 21 kabupaten/kota di Jawa Tengah. Pelantikan digelar virtual pada 25 atau 26 Februari mendatang.


selamat Semoga Solo Lebih maju dan lebih baik

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan sudah menunjuk pelaksana harian (Plh) untuk menjamin keterisian jabatan di 21 kabupaten/kota yang menggelar Pilkada serentak. “Plh sudah, sudah saya teken semuanya. Tinggal jalan,” kata Ganjar lewat siaran pers, Rabu (16/2/2021).


Seperti diinformasikan, FX Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo telah mengakhiri masa jabatan mereka sebagai Wali Kota dan Wawali Solo periode 2016-2021 pada Rabu (17/2/2021).
Namun pelantikan Gibran-Teguh sebagai pengganti kepala daerah Solo belum bisa langsung digelar karena menunggu penyelesaian sengketa Pilkada beberapa daerah lain di Mahkamah Konstitusi.


Supaya tidak terjadi kekosongan jabatan sambil menunggu pelantikan kepala daerah baru, Gubernur menunjuk pejabat sebagai pelaksana harian bupati/wali kota.

(R-01)


Bagikan

RadarposTV