Gusti Moeng: Setop Konflik, Selamatkan Keraton Solo Hadiningrat Secara Mufakat.

Minggu, 14 Februari 2021 : 06:51


Gusti Moeng 

Radar Pos.Com.Surakarta-
Gusti Kanjeng Ratu Wandansari Koes Moertiyah atau biasa disapa Gusti Moeng meminta semua pihak mengakhiri konflik di Keraton Solo. Dia juga menyeru penyelamatan Keraton Solo yang merupakan warisan dinasti Mataram Karaton Surakarta Hadiningrat dan bukti tapak sejarah peradaban bangsa.


Mengingat pentingnya hal tersebut, dia pun menegaskan segala konflik yang terjadi di Keraton Solo bakal diselesaikan oleh pihak keluarga dengan damai. Dia juga meminta konflik yang terjadi sejak 2004 lalu diakhiri dengan jalan kekeluargaan.


“Kami ingin menyelamatkan Sinuhun, yang lain kami tidak peduli karena bukan siapa-siapa. Yang bukan siapa-siapa ojo melu omongan [jangan ikut bicara]. Membuat runyam keadaan, ini saatnya menyelamatkan Keraton Solo apapun caranya. Semoga pandemi segera selesai, dan kembali masuk bekerja,” papar Gusti Moeng, Sabtu (13/2/2021).


Setelah Keluar selama 3 hari di Dalam Keraton

Sebagai Ketua Lembaga Dewan Adat (LDA) dia mengajak semua pihak seperti sentono dalem, budayawan, dan masyarakat untuk mencintai Keraton Solo.


“Kepada Keluarga besar Dinasti Mataram Karaton Surakarta Hadiningrat diimbau untuk tetap kompak bersatu bergotong royong sesuai kemampuan dan kapasitasnya untuk menyelamatkan Karaton 

Surakarta Hadiningrat bersama-sama pemerintah Indonesia, para pecinta dan pemerhati budaya, juga segenap abdidalem maupun kawuladalem di dalam dan luar negeri,” jelasnya dalam siaran pers yang diterima 


Pesan tersebut disampaikan setelah dia bersama Gusti Timoer Rumbai, serta dua orang abdi dalem penari dan seorang sentono dikurung di Keraton Solo sejak Kamis (11/2/2021) yang membuat konflik kembali memanas. Mereka mengaku dikurung tanpa diberi logistik maupun listrik hingga terpaksa makan dedaunan serta tidur beralas tikar.


Pada akhirnya kegaduhan itu mereda saat lima orang tersebut berhasil keluar pada Sabtu siang sekitar pukul 14.50 WIB.

(Team)

 

Bagikan

RadarposTV