Geronjalan Jeglongan dan Gubangan Sewu Di Jalan Solo – Purwodadi Banyak Kendaraan Terjebak.

Sabtu, 20 Februari 2021 : 07:08


Jl Solo -Purwodadi tepatnya Di Depan BRI Unit Kecamatan kalijambe Sragen

Radar Pos.Com Sragen-
-Ruas jalan Solo – Purwodadi  yang rusak parah dijuluki sebagai lokasi wisata jeglongan sewu oleh masyarakat setempat. Sebutan itu dipopulerkan oleh netizen.
Dia mengunggah video kondisi kerusakan di jalan Solo – Purwodadi, tepatnya di ruas Kecamatan Kalijambe depan BRI, Kabupaten Sragen. Diameter lubang paling besar nyaris mencapai dua meter. Bentuknya menyerupai kubangan apabila wilayah tersebut diguyur hujan deras.


Kondisi saat itu hujan deras. Sejumlah ruas jalan tergenang air. Genangan air menutupi jalan yang berlubang. Sejumlah kendaraan roda dua mengurangi kecepatan agar tidak terperosok ke lubang.
Sayangnya, beberapa pengguna jalan tetap terperosok ke lubang sedalam setengah ban sepeda motor bebek. Bahkan,  terjerembab ke lubang dan nyaris jatuh karena lubang berisi air, kerikil, batu ukuran kecil, dan pasir.


Kendaraan yang melintas Menghindari kubangan jl Solo-purwodadi saat ini.

Berdasarkan penelusuran kerusakan jalan Solo - Purwodadi merupakan kisah klasik. Setiap tahun selalu saja ada laporan kerusakan di ruas jalan yang disebut Jeglongan Sewu tersebut.
Salah satu faktor yang menyebabkan ruas jalan itu cepat rusak adalah sering dilalui kendaraan berat lintas daerah. Sebab, jalan  itu merupakan jalur alternatif yang menghubungkan beeberapa wilayah mulai dari Solo, Karanganyar, Sragen, hingga Purwodadi.


Berdasarkan hasil penelitian Bambang Junoto, dkk., pada 2017 yang diterbitkan dalam Jurnal Karya Teknik Sipil Universitas Diponegoro Semarang pada 2017, tercatat ada beberapa faktor yang menyebabkan jalan rusak.


Hasil penelitian bertajuk Analisis Kerusakan dan Penanganan Ruas Jalan Purwodadi - Geyer itu meenyebbut kerusakan jalan bisa terjadi akibat kelebihan muatan, kegagalan struktur, tanah dasar, dan lingkungan yang berkaitan dengan drainase jalan.


Kerusakan ruas jalan Solo – Purwodadi itu pun mendapat perhatian dari Pemprov Jateng yang memastikan perbaikan akan dimulai Maret 2021.


Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya (DPUBMCK) Jateng, Ali Huda, mengatakan kerusakan jalan Solo – Purwodadi, khususnya ruas Kalijambe-Geyer, sudah diprogramkan oleh Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, untuk diperbaiki pada tahun ini. Pada saat ini, proyek peningkatan jalan itu sudah memasuki tahap lelang.


(Team)
 

Bagikan

RadarposTV