70.000 Dosis Vaksin Covid-19 Sinovac Tiba Di Solo Siap Disuntikkan

Senin, 22 Februari 2021 : 05:55


Ilustrasi Vaksin

Radar Pos.Com.Surakarta-
-Sebanyak 7.000 vial atau dosis vaksin Sinovac untuk vaksinasi Covid-19 tahap II sudah diterima Dinas Kesehatan Kota atau DKK Solo pada Minggu (21/2/2021).


Vaksin yang langsung datang dari Bandung tersebut bakal digunakan untuk merampungkan jatah tenaga kesehatan (nakes). Setelah itu baru untuk pelayan publik seperti TNI/Polri, guru, aparatur sipil negara (ASN) pelayanan masyarakat, lansia, dan pedagang pasar.


Jadwal vaksinasi dilakukan bertahap di 38 fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes). Kepala DKK Solo, Siti Wahyuningsih, mengatakan jadwal vaksinasi menyesuaikan ketersediaan vaksin. Artinya, 70.000 dosis vaksin Covid-19 Sinovac yang tiba di Solo itu akan digunakan untuk 35.000 sasaran. Setiap sasaran mendapatkan dua dosis.


 “Data TNI/Polri, ASN, pedagang pasar, dan warga lansia masih terus berkembang. Kami masih terus mematangkan jadwal dan sasarannya,” katanya saat dihubungi Minggu sore.


Ning, panggilan akrabnya, mengatakan data TNI/Polri akan mengambil dari Polri dan TNI. Kemudian, guru mengambil data dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).


Para tokoh agama mengambil dari Kementerian Agama (Kemenag). Data akan ditarik oleh Pusdatin lantas dikirim ke Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) untuk verifikasi nomor induk kependudukan (NIK).


 “Mereka yang terdaftar akan mendapatkan SMS blast dan menerima vaksin sesuai jadwal. Atau kami bisa memasukkan datanya secara manual seperti nakes kemarin, asal menunjukkan KTP-nya,” jelasnya.
Lebih lanjut Ning menjelaskan perkiraan jumlah sasaran penerima vaksin Covid-19 Sinovac tahap II di Solo mencapai 110.000 orang. Namun, jumlah itu bisa bertambah lantaran pendataan belum rampung seluruhnya.


Salah satunya, data pedagang pasar tradisional dan warga lansia. Pedagang pasar menjadi prioritas seperti Pasar Tanah Abang Jakarta. Salah satu pertimbangannya adalah pusat keramaian dan kegiatan ekonomi. “Pedagang di Solo menjadi prioritas Presiden Joko Widodo,” ungkap Ning.


Pada Senin (22/2/2021), DKK bakal mengumpulkan 38 pengelola fasyankes yang melayani vaksinasi guna koordinasi. Sasaran vaksinasi Covid-19 tahap kedua lebih banyak sehingga penjadwalan bakal dilakukan lebih terperinci.


Selain itu, fasyankes Solo yang akan memberikan vaksin Covid-19 Sinovac pada tahap II ini harus menyiapkan vaksinatornya. “Kami juga masih terus mematangkan ASN kelurahan yang merupakan prioritas karena mereka berhadapan langsung dengan publik. Vaksin yang datang kali ini memang lebih banyak daripada sebelumnya,” imbuhnya.


Sebelumnya, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) DKK Solo, Tenny Setyoharini, mengatakan hingga pekan kedua Februari belum merampungkan penyuntikan vaksin dosis kedua pada tenaga kesehatan (nakes).


“Belum 90%. Masih terus berjalan. Targetnya sampai akhir Februari ini mengingat rentang dosis pertama dan kedua untuk nakes lansia 28 hari. Berbeda dengan nakes di bawah 60 tahun yang hanya 14 hari,” jelasnya

 ( Team)
 

Bagikan

RadarposTV