Ruang Isolasi RSUD Karanganyar Overload, 6 Pasien Covid-19 Dirawat Di IGD

Senin, 18 Januari 2021 : 06:04


RSUD Karanganyar

Radar Pos.Com Karaganyar-
- Ruang isolasi RSUD Karanganyar yang digunakan untuk merawat pasien Covid-19 saat ini penuh (overload). Hal tersebut berdampak pada beberapa pasien Covid-19 yang terpaksa diisolasi di IGD.


Kabid Pelayanan Medis (Yanmed) RSUD Karanganyar, Kristanto, mengatakan total ada 113 tempat tidur yang tersedia untuk pasien Covid-19 di RSUD tersebut.Ruang tambahan untuk isolasi itu berada pada bangsal yang sudah ditentukan lokasinya jauh dan steril dari bangsal untuk penyakit umum lainnya.


Namun, lantaran banyaknya kasus Covid-19, ratusan tempat tidur yang tersedia itu kini penuh terisi semua. Bahkan kini ada enam pasien Covid-19 yang terpaksa dirawat di ruang isolasi IGD RSUD Karanganyar.


“Jadi mereka masih antre. Setelah ada PPKM ini semoga jumlah pasien Covid-19 bisa semakin terkendali. Karena ruang isolasi yang kami miliki penuh semuanya,” jelasnya kepada Solopos.com melalui telepon, Minggu (17/1/2021).


Menurutnya, enam pasien terpaksa antre dan dirawat di IGD karena enam pasien yang menunggu tidak memungkinkan dirujuk ke rumah sakit lainnya. Hal ini lantaran rumah sakit rujukan lainnya juga tidak mampu menampung pasien tambahan.


Namun, Kristanto memastikan pasien Covid-19 yang dirawat di ruang isolasi IGD RSUD Karanganyar tetap mendapatkan perawatan yang layak dari tenaga medis.


“Kami biasanya merujuk pasien ke rumah sakit Solo kalau penuh atau tidak mampu. Tapi karena rumah sakit yang biasanya menjadi rujukan juga tidak bisa jadi kami rawat di ruang isolasi IGD. Tapi kami pastikan tetap dirawat dengan baik,” imbuhnya.


Berdasarkan data yang didapat  , Minggu (17/1/2021), total jumlah kasus Covid-19 Karanganyar hingga Sabtu (16/1/2021) mencapai 3.818 kasus.Perinciannya 311 orang menjalani isolasi mandiri, 255 orang dirawat di rumah sakit, 178 orang meninggal dunia, dan 3.074 orang sembuh.


Sebelumnya, RSUD Karanganyar berencana membangun ruang ICU baru pada 2021 yang bertujuan menambah daya tampung sebanyak 20 tempat tidur.Nantinya, dari total 20 tempat tidur tambahan, sebagian untuk ruang isolasi pasien Covid-19.

(Team)

 

Bagikan

RadarposTV