Pemkot Madiun Sediakan Rp 5 Miliar Untuk Internet Gratis .

Minggu, 31 Januari 2021 : 07:18


Walikota Madiun

Radar Pos.Com.Madiun-
Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun melanjutkan program layanan internet gratis bagi masyarakat pada 2021. Tahun ini, pemkot menyediakan anggaran Rp5 miliar untuk layanan internet gratis tersebut.


Kepala Bidang Pengelolaan TIK Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun, Noor Aflah, mengatakan program internet gratis berlanjut pada 2021. Saat ini proses tender program ini baru rampung.


Pemkot Madiun menggandeng PT Telekomunikasi Indonesia untuk menjadi rekanan dalam penyedia jasa layanan internet gratis ini. Program internet gratis ini ditargetkan sudah bisa dinikmati pada awal Februari.


 “Pemenangnya sudah ada. Saat ini masih dalam proses administrasi. Tetapi, selama proses administrasi berjalan, internet sudah kita aktifkan sekaligus uji coba,” kata dia di Madiun, Jumat (29/1/2021).
Aflah menuturkan uji coba layanan internet gratis ini akan dimulai awal Februari 2021.

 Saat itu, juga sekaligus untuk mengaplikasikan kebijakan baru dalam pemanfaatan layanan internet gratis ini.


Salah satunya yakni terkait pembatasan pemanfaatan layanan internet gratis selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Selama PPKM, wifi akan dimatikan mulai pukul 19.00 WIB dan kembali dihidupkan pada pukul 05.00 WIB. Hal itu mengemuka berdasarkan arahan Wali Kota Madiun karena ada kerumunan di lokasi titik-titik wifi yang dipasang pemkot.


Konten Negatif


Selain itu, pihaknya juga akan melakukan uji coba memfilter sejumlah konten. Layanan internet gratis ini nantinya tidak bisa digunakan untuk mengakses game online, VPN, serta konten negatif lainnya.
“Termasuk akun medsos penyebar konten negatif juga nantinya tidak bisa diakses melalui wifi gratis Pemkot Madiun,” jelas dia.



Lebih lanjut, dia menyampaikan banyak orang tua yang resah karena mendapati anaknya yang kerap bermain game online di titik wifi gratis milik pemkot sampai lupa waktu.


Menurut dia, layanan internet gratis ini diharapkan hanya untuk hal-hal positif. Seperti untuk memudahkan pemasaran produk, pembelajaran daring, atau mengakses informasi yang bisa menambah wawasan.


Pada tahun ini jumlah titik wifi gratis di Kota Madiun juga ditambah sebanyak 250 titik. Sehingga saat ini jumlah titik wifi gratis menjadi 1.750 titik.

(Team)


Bagikan

RadarposTV