UNS Kini Miliki “International Advisors”

Kamis, 10 Desember 2020 : 09:57



UNS Solo 10 Orang Para Prof

Radar Pos.Com.Solo
— Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melakukan inovasi dalam rangka program akselerasi reputasi internasional dan ranking global melalui diskusi dengan UNS International Advisors.

Adapun UNS International Advisors yang hadir pada kesempatan kali ini sebanyak 10 orang yaitu Prof Iftekhar Hasan (Fordham University, Amerika Serikat), Prof Kose John (New York University, Amerika Serikat), Prof Amine Tarazi (University of Limoges, Prancis), Prof Fotios Pasiouras (Montpellier Business School, Prancis), Prof Haitian Lu (Hong Kong Polytechnic University), Prof Suk Joong Kim (University of Sydney, Australia), Prof John Wilson (University of St Andrews, Inggris), Prof Ahmet Faruk Aysan (Hamad Bin Khalifa. University, Qatar), Prof Gonul Colak (Hanken School of Economics, Finlandia) dan Prof Siong Hook Law (Universiti Putra Malaysia).

“Inilah pertama kalinya UNS memiliki International Advisors,” kata Rektor UNS Prof Jamal Wiwoho, di Kmapus UNS, Solo, Selasa (8/12).

Lebih lanjut Prof Jamal mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendiskusikan dan menyiapkan strategi dalam rangka memperkuat reputasi dan ranking global UNS di tahun 2021 dan dalam jangka panjang. Oleh karena itu, Rektor mengundang para pimpinan universitas dan fakultas yaitu wakil rektor, dekan, direktur, kepala lembaga, dan wakil dekan untuk mengikuti diskusi ini.

“Saya berpesan kepada para International Advisors agar membantu dalam meningkatakan skor reputasi akademik UNS dalam pemeringkatan global oleh QS,” terang Prof Jamal.

Kegiatan ini diawali dengan presentasi oleh Ketua Tim World Class University UNS, Irwan Trinugroho PhD mengenai posisi global UNS saat ini dan beberapa strategi serta tantangan UNS dalam perankingan global.

Secara umum, Irwan menyampaikan, strategi tersebut dikelompokkan menjadi lima aspek yaitu peningkatkan reputasi akademik global, peningkatan reputasi oleh employer, peningkatkan kualitas riset dan publikasi, peningkatan kualitas pembelajaran serta peningkatan kualitas dari aktivitas internasionalisasi. Selanjutnya, masing-masing advisor memberikan pendapat, masukan dan saran terkait dengan strategi UNS dalam mengakselerasi reputasi dan peringkat secara internasional.

Acara ini ditutup oleh Wakil Rektor UNS bidang Perencanaan dan Kerjasama Prof Sajidan, yang menyampaikan bahwa kegiatan ini baru merupakan awalan. Ia berharap kerja sama dengan para international advisors ini dapat terus berkesinambungan 

(Team)

Bagikan

RadarposTV