Mulai 2021, Calon Siswa SD Di Solo Wajib Masuk PAUD Ada 530

Selasa, 15 Desember 2020 : 06:00

 
 

ilustrasi anak sekolah SD

Radar Pos.Com.Surakarta
– Mulai 2021, calon siswa yang hendak masuk SD di Solo harus mengenyam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) minimal satu tahun.


Kabid PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan (Disdik) Solo, Galuh Murya Widawati mengatakan aturan tersebut sudah dituangkan dalam Peraturan Wali Kota (Perwali) Solo Nomor 34 tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) 1 Tahun Pra-SD.


“Peraturan Pemerintah [PP] Nomor 2 Tahun 2018 tentang SPM ini sudah diturunkan menjadi Perwali yang mengatur calon siswa yang akan masuk SD harus sudah menjalani PAUD selama satu tahun,“ ujarnya dalam sosialisasi Perwali itu secara online kepada guru PAUD dan SD Solo, Selasa (14/12/2020).


Sementara itu, bagi calon siswa yang hendak masuk SD negeri (SDN) di Solo pada 2021 yang saat ini tidak sedang tidak menempuh PAUD bisa meminta rekomendasi kepada Pusat Layanan Disabilitas dan Pendidikan Inklusif (PLDPI).


“Jadi bagi anak usia 5-6 tahun yang saat ini sedang tidak sekolah PAUD dan tahun depan mau masuk SD tidak berarti tidak diterima sekolah. Orang tua bisa meminta asesmen anaknya ke PLDPI. Rekomendasi PLDPI ini akan dijadikan dasar bagi sekolah tujuan dalam penerimaan calon siswa bersangkutan,” imbuhnya.


Galuh menambahkan, ruh dari peraturan ini adalah mempersiapkan anak PAUD untuk memasuki jenjang pendidikan selanjutnya, baik SD, SMP, dan seterusnya. Sebab pendidikan di PAUD sangat penting untuk membentuk karakter dan pembiasaan perilaku positif.


“Aturan ini dibuat untuk menyadarkan masyarakat bahwa pendidikan yang diberikan kepada anak dalam usia emas melalui PAUD ini penting sekali untuk menyongsong pendidikan selanjutnya,” imbuhnya.


Jumlah PAUD di Solo
Di Solo sendiri saat ini terdapat 530 PAUD dan 340 di antaranya terakreditasi. Dengan kata lain, masyarakat memiliki banyak pilihan untuk mendidik anak mereka di PAUD.


Sementara itu, Kepala Disdik Solo Etty Retnowati juga mengatakan bahwa PAUD sangat penting sehingga seorang anak harus mengenyam pendidikan ini minimal satu tahun.
“Harapannya, siswa yang akan masuk SD sudah siap sehingga pendidikan bisa berlangsung lebih mudah,” ujarnya.


Sementara itu, Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo dalam sambutannya mengingatkan pengelola SD yang masih memberlakukan baca, tulis, dan berhitung (calistung) siswa PAUD sebagai salah satu persyaratan masuk.


“Jangan sampai masuk SD pakai tes calistung. Nyatanya masih ada dan ini sebenarnya menyalahi aturan,” ujarnya.


Ia juga meminta kepada pengawas sekolah untuk memastikan bahwa tes calistung sebagai syarat masuk SD di Solo tidak terjadi.
 

(Team)
 

Bagikan

RadarposTV