Mentan Syahrul Yasin Limpo Ingin Ada Perkebunan Kelapa Di Karanganyar

Minggu, 20 Desember 2020 : 05:52


Syahrul Yasin Limpo

Radar Pos.com.Karanganya
r - Menteri Pertanian atau Mentan Syahrul Yasin Limpo, mengunjungi Desa Kragan, Gondangrejo,Karanganyar  untuk melihat sistem pertanian terpadu demi memperkuat ketahanan pangan Sabtu (19/12/2020).


Kunjungan sekaligus mendorong masyarakat mengembangkan komoditas lain untuk mendukung rencananya dalam membuat Karanganyar menjadi wilayah pertanian percontohan nasional.
Mentan Yasin Limpo mengunjungi Desa Kragan bersama Bupati Karanganyar, Juliyatmono, dan Anggota Komisi IV DPR RI, Luluk Nur Hamidah, mengecek sistem pertanian terpadu di lahan tanah kas desa seluas 1,5 hektare tersebut.


Saat Kunjungan di Gondangrejo karanganyar Jawa Tengah

Dalam kunjungannya, Mentan Syahrul Yasin Limpo juga menyerahkan berbagai bantuan kepada kelompok tani di desa tersebut seperti 4.375 kg bibit padi IP yang bisa dipanen empat kali setahun, 15 kg bibit jagung, 2.000 batang bibit jeruk siam banjar, 1.000 bibit kelapa, delapan kolam bioflok, rumah hidroponik, pengolahan pupuk senilai Rp200 juta, dan 3.500 ekor itik petelur.


Mentan Yasin Limpo dalam kunjungannya mendukung dan mendorong Karanganyar mengembangkan sistem pertanian terpadu yang berisi berbagai komoditas yang dikembangkan dan dibutuhkan oleh masyarakat. Upaya tersebut dapat menopang ketahanan pangan nasional sekaligus memperbaiki sektor ekonomi dengan memanfaatkan hasil dari komoditas lainnya.


“Saya bersama seluruh Dirjen melihat ada potensi yang bisa dikembangkan di Karanganyar untuk kepentingan nasional. Tidak hanya komoditas yang saat ini sudah ada saja seperti padi. Ada komoditas lainnya yang bisa menopang kebutuhan ekonomi masyarakat. Ada perkebunan kelapa yang bisa nanti menjadi percontohan nasional dan lainnya dan terintregasi dengan pertanian lainnya juga. Ini membutuhkan kesiapan daerah,” jelasnya kepada wartawan.


Mentan Yasin juga menyampaikan memiliki rencana besar menjadikan Karanganyar menjadi wilayah pertanian sebagai percontohan nasional. Salah satunya mendorong masyarakat menanam pohon kelapa di pekarangan rumah masing-masing secara masif di setiap kecamatan atau desa secara bertahap. 

Rencana tersebut menurutnya akan didukung Kementan hingga ke tahap industrial.
“Contohnya kelapa, kalau secara besar-besaran ditanam di pekarangan masing-masing rumah bisa menjadi komoditas besar. Nanti diolah menjadi nata de coco, briket dari sabut dan batok kelapa, minyak kelapa, dan lainnya. Nanti hasilnya bisa dipasarkan dan menambah perekonomian masyarakat. Kami dukung dari pengembangan sampai ke tahap industrial. Target 2,5 tahun akan ada pabrik minyak kelapa. 

Hari ini saya langsung minta ke Dirjen merancang MoU. Pekan depan kami usahakan bertemu dengan Pak Bupati untuk merealisasi ini,” beber Mentan Syahrul Yasin.


Sementara itu, Bupati Karanganyar, Drs.Juliyatmono, mengatakan siap untuk menanggapi tantangan pengembangan sektor pertanian dari Mentan Yasin. Pilot project besar tersebut secara bertahap akan difokuskan ke Desa Kragan yang sudah (Team)

Bagikan

RadarposTV