DI Guyur Hujan Deras Beberapa Wilayah Kabupaten Rembang Di Terjang Banjir

Sabtu, 05 Desember 2020 : 06:44



Kasi BPBD Rembang Pramujo

Radar pos.Com.Rembang
-Sejumlah Wilayah di Kabupaten Rembang diterjang banjir  pada Rabu petang.Peristiwa itu terjadi setelah sejumlah wilayah di Rembang diguyur hujan lebat selama kurang lebih satu jam, dengan curah hujan yang tinggi.


Di sebagian wilayah kabupaten Rembang telah terjadi hujan lebat sehingga menyebabkan kejadian bencana di beberapa wilayah, kata Kepala Seksi Kedaruratan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rembang Pramujo.


Dia mengungkapkan, banjir terjadi di dua wilayah yakni di Kecamatan Rembang di Jalur Rembang-Blora tepatnya mulai dari depan Rumah Sakit Bhina Bhakti Husada hingga depan GOR Rembang dan di Kecamatan Kaliori.


Banjir yang merendam Jalur Rembang-Blora ketinggian airnya mencapai 20-50 sentimeter dengan arus air lumayan deras, sehingga mengakibatkan arus kendaraan tersendat selama setengah jam. Sedangkan di Kecamatan Kaliori tepatnya di Desa Pengkol, banjir merendam beberapa rumah milik warga setempat.


Di dua lokasi banjir itu penyebabnya adalah material sampah menyumbat drainase, imbasnya air tidak dapat terdistribusi dengan lancar dan baik.


Banjir di Kabupaten Rembang

“Yang di Jalur Rembang-Blora itu jembatan kurang lebar, saluran banyak yang tersumbat, ditambah curah hujan tinggi. Di Pengkol juga sama jembatan sungai di sana tersumbat sampah dan hujannya deras. Kata Pramujo kepada wartawan.


Atas kejadian itu, sejumlah sukarelawan dari BPBD Rembang bersama warga setempat melakukan pembersihan sampah yang menyumbat saluran air.


Pihaknya mengimbau kepada masyarakat, supaya tidak membuang sampah di sungai agar aliran air bisa lancar dan tidak terjadi banjir.


Upaya yang dilakukan mengecek lokasi, melakukan asesmen, membersihkan sampah yang menyumbat aliran air di sungai, BPBD bersama masyarakat dan relawan. Tidak ada kendala dan korban jiwa, pungkasnya.

 (Kunawi)
 

Bagikan

RadarposTV