Desa Dawung Galakan UMKM di Tengah Pandemi Covid 19

Selasa, 29 Desember 2020 : 08:47


Kepala Desa Dawung Suyadi, SH

Radar Pos.Com .Karanganyar-
Di Saat Situasi Pandemi Covid 19 banyak hal yang bisa meluluh lantahkan kehidupan termasuk Ekonomi .Namun Warga masyarakat  Desa Dawung ,Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar Jawa tengah.mencoba bangkit dari Situasi Pandemi dengan cara  mengalakan UMKM di tengah pandemi yaitu Bumdes Dawung Membuat Agro Wisata yang cukup mantap dan bisa membuat imun jadi Kuat.


Ketika dikonfirmasi Oleh Awak Media Radar Pos.Com kepala Desa Dawung Suyadi, SH. Mengatakan bahwa terkait UMKM di desa Dawung untuk bangkit menghadapi Pandemi Covid 19 kita berusaha untuk mempercepat Perekonomian di tengah Masyarakat .


Yang mana hasil-hasil UMKM se desa Dawung kita beri Stimulan dan nanti usaha-usaha bersama bisa meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat, dan untuk menampung UMKM desa Dawung kita tempatkan di Bumdes di stand di Tempat Wisata Agro Wisata Kembang desa, Desa Dawung.


Agro Wisata Desa Dawung

Yang mana setiap hari banyak pengunjung, tiap hari banyak yang berdatangan  untuk meningkatkan Imun Kesehatan.dan dapat hiburan yang baikdan indah, di situ kita siapkan oleh –oleh .artinya setiap pengunjung yang datang ke Agro wisata desa Dawung pulang bisa dapat oleh-oleh terang Suyadi ,SH dengan mantapnya.


Sementara UMKM desa Dawung misalkan Reginan, Ceriping ,Emping dan yang lainya .di Desa Dawung setiap dusun yang jumlahnya ada 9 dusun mempunyai hasil Industri masing-masing yang sudah di” Patenkan “dan berbeda antara dusun satu dengan yang lainya.


Ada yang buat ampyang yang bahanya dari kacang tanah dan kelapa itu,ada yang membuat karak ,ada yang membuat tempe,ada yang membuat tahu dan semua nanti kita fasilitasi untuk meningkatkan perekonomian warga,dengan Corona Covid 19 tetap bekerja artinya tidak ada penganguran.


Destinasi Wisata yang patut dikunjungi

Sementara Wisata Agro Wisata kita kemas atau desain secantik mungkin agar tidak membebani pengunjung, jadi cukup murah meriah hanya dengan Rp 5000; bisa menikmati wahana wisata desa Dawung dengan fasilitas Taman Bunga,ada Kuliner ada kolam ikan dan saat ini baru dibangun Kolam renang yang cukup megah baik untuk anak maupun dewasa.


Juga tidak kalah penting menanam Hortikultura seperti Semangka, Milon,dan juga berhasil menanam Anggur yang mendatangkan tenaga atau orang dari Cilacap, ahlinya anggur kita coba datangkan dan kedepan bisa menjadi ikon desa Dawung termasuk Desa Anggur.atau kabupaten Karanganyar.Sementara Budidaya Anggur se Soloraya belum ada komunitas.kita rintis kita tanam kini sudah berbuah terang Suyadi.

 Kemarin juga di datangi dari DPR RI Dolfi dari Fraksi PDIP dan Wakil Bupati Karanganyar Rober Cristanto,SE dalam kenjunganya ia sangat mendukung.dengan Budidaya anggur di Bumdes Dawung Mantap.dan saat ini ada 250 batang yang di tanam di lahan tanah Kas Desa Dawung.


Regulasinya tetap Desa Menyewa agar bisa memberikan pemasukan PAD Ke Desa Dawung.agar  diketahui untuk Bumdes Desa Dawung ada 13 orang Pengurus .dan setiap 1 minggu sekali mengadakan Rapat Musyawarah untuk evaluasi kegiatan, juga kedepanya  bagaimana dan perencanaan kedepan itu penting sekali.


Selaku orang Nomor satu di Wilayah Dawung  Destinasi Wisata Desa Dawung menjadi Ikon desa yang mana kemarin belum punya wisata sekarang sudah punya Wisata. kedepan terus berkembang termasuk Kuliner yang juga penyerapan terutama ibu-ibu untuk mengurangi  pengangguran juga warga masyarakat desa Dawung .


 Untuk tahun Baru 2021 sesuai dengan Edaran Bupati Karanganyar malam harinya untuk berdoa  agar selalu diberikan Keselamatan dan dijauhkan dari marabahaya.Suyadi,SH  juga berharap Dawung kedepan lebih Maju, Kompak dan solid .agar Dawung bisa maju Desanya dan Sejahtera Warganya .Dawung Mantap Sukses Selalu.


 (R-01)  
 

Bagikan

RadarposTV