Creavest 2020 Kemas Potensi Seni Budaya dan Ekonomi Kota Solo Agar Mengeliat

Rabu, 28 Oktober 2020 : 07:18



Seni yang tampil di Creavest

Radar Pos.Com.Solo
— Dampak pandemi yang terjadi saat ini memaksa tiap orang untuk menggali kreativitas mereka. Baik di sektor ekonomi, sosial, hingga seni budaya. Berdasar hal itu, Komando Distrik Militer (Kodim) 0735/ Surakarta menggelar kolaborasi pertunjukan seni budaya dan ekonomi kreatif secara virtual.
 

“Jika dulunya Kodim 0735/ Surakarta menyelenggarakan kegiatan Komsos (Komunikasi Sosial) secara langsung. Namun, ditengah kondisi pandemi saat ini, dibutuhkan kreatifitas yang mana tujuan dari Komsos itu tercapai namun dengan kreatifitas dikemas secara virtual,” terang Dandim 0735/ Surakarta, Letkol Inf Wiyata S Aji dalam jumpa pers Creavest 2020 di Makodim setempat, Selasa (27/10).
 

Perwira melati dua ini mengatakan, dalam kegiatan ini pihaknya menggandeng Pemerintah Kota (Pemkot) Solo dan konseptor kegiatan yang terdiri anak muda Kota Solo untuk mengemas kegiatan tersebut menjadi lebih kekinian. Pasalnya, seni budaya dan ekonomi yang ada di Kota Bengawan terus bertransformasi seiring perkembangan zaman saat ini.

“Ini merupakan wujud bina wilayah di teritory Kodim 0735/ Surakarta. Baik untuk melestarikan seni budaya hingga mendongkrak ekonomi kewilayahan,” jelas Wiyata.
 

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Kota Solo, Hasta Gunawan mengatakan, PAD Kota Solo diperoleh dari sektor pariwisata. Namun, akibat pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini membuat sektor pariwisata terpuruk hingga berimbas ke sektor ekonomi.

“PAD Kota Solo itu salah satunya dari pariwisata. Ketika pariwisata ini terpuruk, tentu akan berakibat turunnya tingkat pariwisata hingga merembet ke sektor ekonomi. Namun, diharapkan dengan adanya Creavest 2020 yang digelar secara virtual mampun mendongkrak kembali eksistensi dunia seni budaya dan ekonomi di Kota Solo,” kata Hasta.



Sementara itu, Kreatif Direktor, Apriza Rizadi mengatakan, kegiatan ini nantinya akan menampilkan seni budaya dari delapan sanggar tari di Kota Bengawan. Selain itu, juga turut menampilkan 18 UMKM yang terdiri kuliner, fashion, craft dan komunitas lainnyabyang bergerak di bidang sosial.

“Dalam pengambilan setting tempatnya, kami juga berpindah-pindah di sejumlah destinasi wisata Kota Bengawan. Seperti Monumen Pers, Museum Samanhudi, Ndalem Harjonegaran (Go Tik Swan), Ndalem Gondosuli, Canting Londo Solia Zigna hingga Kampung Joho,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, dengan penyelenggaraan Creavest 2020 yang mengusung tema “Kolaborasi Virtual Pertunjukan Seni Budaya dan Ekonomi Kreatif Vuna Membentuk SDM Kreatif dan Inovatif” ini mampu mengenalkan seni budaya Kota Bengawan ke khalayak masyarakat luas baik nasional hingga internasional.

“Termasuk mengangkat, UMKM dan hasil kreasi di Kota Bengawan agar dikenal luas oleh masyarakat dan berdampak positif pada peningkatan pendapatan UMKM di Kota Bengawan,” katanya.

Creavest 2020 ini, nantinya akan disiarkan secara langsung melalui Channel Youtube Solo Tangguh tanggal 31 Oktober 2020 pukul 18.30 – 21.00 WIB .

(R-01)

Bagikan

RadarposTV