Banyak Usaha Terhenti Akibat Pandemi, Koperasi Diminta Beri Keringanan Anggotanya

Kamis, 29 Oktober 2020 : 07:12


Ilustrasi

Radar Pos.com.Sumatra
– Mengingat kondisi ekonomi warga Kota Pariaman Sumatera Barat yang terdampak akibat pandemi Covid-19, pemkot setempat meminta koperasi di daerah itu untuk memberikan keringanan bagi anggota yang usahanya terhenti akibat pandemi Covid-19. Keringanan ini baik bersifat iuran maupun kredit, sehingga tidak mampu membayar sejumlah uang yang telah disepakati dalam koperasi.

“Beberapa bulan lalu kami telah mengeluarkan edaran untuk koperasi terkait memberikan keringanan dan pelaksanaan rapat anggota tahunan (RAT),” kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Pariaman Gusniyetti Zaunit di Pariaman, Rabu (28/10), seperti dilansir dari laman infopublik.id.

Jika dipaksakan dilakukan penarikan maka justru akan mengakibatkan permasalahan baru yang dapat merugikan koperasi tersebut. Karena pandemi, ada anggota koperasi yang menunggak membayar kredit. Sekarang masa sulit jadi keringanan yang diberikan diperlukan anggota.

Selain meminta memberikan keringanan, dirinya juga meminta pengurus koperasi untuk membantu anggota yang mengalami dampak besar dari pandemi Covid-19.

“Buat koperasi berbagi, jadi bagi anggota yang usahanya masih bisa berjalan diminta membantu anggota yang usahanya terhenti karena pandemi,” ujarnya.

Ia menyampaikan pada edaran tersebut pihaknya juga menyampaikan agar pengurus koperasi tetap menjalankan tugas seperti biasanya bahkan tetap melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT).

Namun, lanjutnya dalam melaksanakan aktivitas tetap menerapkan protokol kesehatan sedangkan untuk RAT dengan mencetak laporan keuangan untuk anggota.

“RAT kan sifatnya pertanggungjawaban pengurus koperasi, kalau dulu dengan pertemuan kalau sekarang pandemi jadi buat laporan,” kata dia.

Ia menyebutkan saat ini jumlah koperasi di Pariaman mencapai i 82 unit yang bergerak pada berbagai bidang. Koperasi tersebut tidak saja pesertanya aparatur sipil negara namun juga masyarakat. Pada prinsipnya kami mendorong koperasi-koperasi tersebut tetap aktif .

(Team)

Bagikan

RadarposTV