Piala Dunia U-20, Solo Sajikan Event Kuliner Tarik Wisatawan

Selasa, 29 September 2020 : 19:11



Stadion Manahan Solo

Radar Pos.com.Solo
– Pemkot Solo mulai menyiapkan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2021. Persiapan tidak hanya fokus pada sarana dan prasarana (sarpras) olahraga saja, tetapi juga sektor pariwisata.

“Kami telah menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk ikut menyukseskan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tahun depan,” ujar Kepala Dinas Pariwisata (Disparta) Solo, Hasta Gunawan, Selasa (29/9).

Ia menjelaskan untuk wisata menyasar penataan tempat kuliner, belanja, dan budaya. Pihaknya menilai sektor wisata kuliner, belanja batik dan kerajinan, hingga seni budaya dapat ditonjolkan untuk meningkatkan gairah wisata di Kota Bengawan saat event Piala Dunia U-20.

“Di sektor wisata kami berencana membuat serangkauan festival kuliner dan memaksimalkan ruang kreatif yang ada di Solo untuk menarik wisatawan mancanegara,” kata dia.

Pada festival kuliner nanti, lanjut dia, Pemkot akan tonjolkan makanan khas Solo seperti nasi lewet, tengkleng, serabi Notosuman, sate kere, dan lainnya.

Di sisi lainnya, wisata belanja untuk batik dan kerajinan lainnya juga akan digenjot mengingat orang berwisata selalu akan disertai belanja.

“Potensi wisata produksi batik seperti di Kampung Batik Laweyan dan Kampung Batik Kauman bisa jadi lokasi wisata edukasi sejarah batik di Solo,” tutur dia.

Ia menambahkan event Piala Dunia U-20 akan menghidupkan sektor ekonomi khususnya UMKM di Solo. Pemkot juga akan bekerjasama dengan pihak hotel untuk menyediakan penginapan yang nyaman dan ramah.

 ( Team)

Bagikan

RadarposTV