Kuota Gratis Internet Belum Sampai, Guru Minta Subsidi Dana BOP PAUD

Kamis, 03 September 2020 : 07:32
Guru TK dan PAUD

Radarpos.com, Karanganyar – Kalangan guru TK dan PAUD meminta pemerintah memberi kejelasan subsidi kuota internet bagi peserta didiknya maupun pengajar. Mereka menginginkan pendampingan untuk pembelajaran jarak jauh (PJJ) juga diperlakukan sama seperti satuan pendidikan dasar menengah.

“Kuota data belum sampai ke TK,” kata Ketua Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Kecamatan Kebakkramat, Tri Rahayuningsih kepada Timlo.net di sela workshop pembelajaran daring di gedung IPHI Kebakkramat, Rabu (2/9).

Ia mengatakan belum menerima instruksi pendataan para guru dan peserta didik TK dan PAUD dalam rangka mendapatkan kuota internet dari pemerintah. Bagi para guru yayasan yang belum sejahtera, hal itu sangat terasa. Selama memberi PJJ metode daring, mereka bermodal sendiri membeli kuota data.

Jika belum ada kejelasan, ia yang juga guru TK Aisyiyah Macanan Kebakkramat ini menyarankan dilegalkannya pemberian subsidi kuota internet bersumber BOP PAUD. Subsidi dari anggaran rutin itu selain untuk peserta didik juga ke guru.

Dalam workshop tersebut, para guru TK/PAUD dari yayasan Aisyiyah mengeluhkan berbagai kendala pembelajaran daring. Mulai sulitnya memilih materi video pembelajaran sampai kuota data yang terbatas. Sejumlah guru dikomplain orangtua murid karena video yang dikirimkan berdurasi terlalu lama.

(Team)

Bagikan

RadarposTV